The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Asep Balon Dorong Musisi Lokal untuk Punya Mindset Berkarya tanpa Memandang Asal Daerah
Asep Balon. (Instagram/@asepbalonasli)
Music

Asep Balon Dorong Musisi Lokal untuk Punya Mindset Berkarya tanpa Memandang Asal Daerah

Rapper bertopeng.

Sabtu, 27 November 2021 16:22 WIB 27 November 2021, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan industri musik hingga kini terus berkembang seakan tak terbatas akan ruang dan waktu. hal ini terlihat dari banyaknya musik-musik yang bergenre baru hingga musisi-musisi tanah air yang melakukan tur hingga ke mancanegara.

Belakangan muncul para musisi yang mengeluarkan gaya mereka masing-masing. Sebut saja salah satunya Asep Balon, musisi asal Majalaya, Jawa Barat yang mengeluarkan lagu-lagu hiphop bercampur dengan kearifan lokal.

Baca Juga: Ideafest 2021 Resmi Dibuka, Para Pembicara Muda Mendominasi Sesi Pembukaan

Menggunakan bahasa Sunda sebagai ciri khasnya, menjadikan Asep Balon mudah menyampaikan pesan dan juga makna dari setiap lagunya. Dalam wawancara yang ia lakukan lewat acara Ideafest 2021, Asep mengungkapkan jika bahasa Sunda menjadi media dirinya mengedukasi dan memberikan pengertian kepada para pemuda dimana ia dilahirkan.

Asep Balon tur mancanegara
Asep Balon memberikan dorongannya pada musisi lokal. (Tangkapan Layar)

"Tujuan saya dari awal memang dari dulu kenapa punya konsep menjadikan lirik semua lagu dengan bahasa Sunda supaya pemuda Jawa Barat tuh mikirnya kayak 'oh relate ya dengan keadaan sekarang' gitu," ungkap Asep.

Ia sangat bangga dengan memperkenalkan karyanya yang bahkan sudah dikenal hingga ke negeri Sakura, Jepang. Hal ini dibuktikan dengan diundangnya Asep Balon untuk melakukan konser di kota Nagoya, Jepang pada awal 2021 lalu.

"Alhamdulillah ya kemarin saya punya kesempatan untuk memperkenalkan lagu saya yang liriknya asli full bahasa Sunda di Nagoya, Jepang. Ngga nyangka aja ternyata banyak orang sana yang suka dengan bahasa yang mungkin mereka ngga ngerti gitu kan," ungkap Asep Balon.

Asep menyebutkan jika memang di awal karirnya ia telah memiliki mindset untuk mampu mengembangkan karya tanpa harus mengandalkan tempat di mana ia berdiri. Hal ini pula yang menjadi motivasinya untuk mendorong musisi lokal lainnya.

"Saya dulu mikir, kalo kita mau ngetop harus ke Jakarta gitu ya. Tapi pernah iseng, bilang gini 'kalau mau sukses datang ke Majalaya' gitu eh ternyata ya gini, sekarang saya jadi seperti ini," ungkapnya tak menyangka.

"Sebenarnya dari manapun asal kita, sukses itu tidak memandang kesana tapi yang perlu ditekankan adalah mindset untuk berkarya selama kita yakin," tambahnya memberikan semangat kepada musisi lokal.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US