The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Randy Danistha dan Dissa Kamajaya Ungkap NFT Jadi Media Pengantar Musik Masa Depan
Randy Danistha dan Dissa Kamajaya. (Tangkapan Layar/Ideafest)
Music

Randy Danistha dan Dissa Kamajaya Ungkap NFT Jadi Media Pengantar Musik Masa Depan

Sabtu, 27 November 2021 17:04 WIB 27 November 2021, 17:04 WIB

INDOZONE.ID - Non-Fungiable Token atau NFT adalah salah satu jenis aset digital yang saat ini sedang naik daun. Pasalnya banyak para seniman yang mampu memanfaatkan platform NFT untuk menjual dan mendapatkan keuntungan yang besar atas karya mereka.

Melalui dunia Metafers, NFT ini dianggap sebagai media penyelamat bagi musisi dan pihak yang menggeluti bidang musik. Sebut saja Randy Danistha, personil 'Nidji' dan juga Dissa Kamajaya, produser musik yang pernah menangani karya Nadine Hamizah. Mereka berdua kini tengah bergelut dengan dunia NFT lantaran merasa kurang puas dengan hasil karya mereka di industri musik.

Randy menceritakan bagaimana kisah pilunya yang harus menelan ludah dengan hasil royalty yang ia terima bersama band Nidji atas karya mereka yang digunakan oleh pihak lainnya.

Baca Juga: Rizky Febian Rela Gotong Kayu Bantu Warga Sumba di Video Klipnya, Berikut Foto-fotonya

"Ngenesnya jadi musisi tuh apalagi didunia nyata ya, kita nahan-nahan hati deh liat penghasilan yang didapat apalagi dari royalty yang yah bisa dibilang ngga seberapa," ungkap Randy saat mengisi acara Ideafest 2021.

Randy pun memutuskan untuk menggeluti dunia NFT atas dorongan yang diberikan Dissa selaku rekan kerja. Dissa mengaku dengan adanya NFT ia mampu menghasilkan karya yang benar-benar dihargai oleh para kolektor.

"Ya di NFT ini ya kita bener-bener dihargai banget, karena karya yang kita buat itu selain dihargai dengan harga yang tinggi juga prosesnya transparan antara seniman dengan kolektor gitu," ungkap Dissa yang juga mengisi acara.

Menurut Dissa NFT pun menjadi penolong bagi para musisi yang merasa tidak puas dengan karyanya yang mungkin dihargai tak sesuai harapan. Selain itu Dissa juga mengungkap bukan tidak mungkin NFT menjadi media untuk musik masa depan.

NFT sebagai media musik masa depan
Randy dan Dissa saat membagikan pengalaman mereka bergelut di NFT. (Tangkapan Layar/Ideafest)

"NFT ini bisa jadi kayak perubahan teknologi, seperti dulu kan kaset ya yang berubah ke CD terus berubah lagi ke platform streaming. Nah NFT ini bisa jadi media untuk musik masa depan," papar Dissa.

Randy pun yang sudah kurang lebih setahun bergelut di dunia NFT mengatakan jika NFT adalah pengantar para musisi untuk berkarya lebih dan wajib untuk dicoba oleh setiap seniman musik.

"NFT ini adalah extention dari musik, ini adalah hal baru untuk ranah musik di masa depan. Jadi gua pikir kenapa engga sebagai musisi dan juga pegiat seni untuk mencoba platform ini," sambungya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US