The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Semakin Berkembang, 5 Genre Musik Ini Takkan Punah Meski Zaman Berganti!
Ilustrasi genre musik. (Unsplash)
Music

Semakin Berkembang, 5 Genre Musik Ini Takkan Punah Meski Zaman Berganti!

Apa saja ya?

Minggu, 23 Januari 2022 20:30 WIB 23 Januari 2022, 20:30 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan dunia rupanya mempengaruhi perkembangan dalam aspek-aspek kehidupan lainnya. Misalnya saja musik yang semakin hari semakin berkembang dan melahirkan genre-genre baru.

Hingga kini tak terhitung jumlah jenis aliran musik di dunia, mulai dari pop, jazz, rock dan lain-lainnya. Belum lagi masing-masing genre memiliki sub-genrenya yang luar biasa mampu membius para penikmat musik untuk menikmati alunan nada yang terangkai menjadi sebuah lagu.

Berbicara mengenai perkembangan musik di dunia, berikut ini 5 genre musik yang diperkirakan terus berkembang dari waktu ke waktu. Apa saja ya?

Baca Juga: Apa Itu Avant Garde? Inilah 5 Genre Musik yang Namanya Kurang Familiar di Kalangan Umum

1. Pop

Genre yang satu ini memang jelas menjadi induk permusikan di dunia. Pasalnya, setiap orang tentu tahu bagaimana dunia permusikan diisi oleh lagu yang satu ini. Bahkan peminat musiknya juga tersebar diseluruh dunia.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena musik pop sangatlah nikmat masuk ke telinga para pendengar di kalangan usia. Berlatar belakang campur aduk elemen-elemen musik dari berbagai genre, menjadikan pop sebagai genre yang akan terus diterima oleh masyarakat dunia.

2. Metal

Ranah musik bawah tanah seperti metal pun masih jadi salah satu jenis musik atau genre yang populer saat ini. Tentu saja hal tersebut didasari oleh para penggemar musiknya yang militan untuk menjaga semangat berkarya para musisi tetap berkobar.

Memiliki berbagai sub-genre musik, metal menjadi salah satu genre yang cukup unik. Bahkan genre yang satu ini mampu menarik perhatian banyak orang dengan musiknya yang cukup keras.

3. Punk

Punk merupakan salah satu jenis musik yang punya basis akar rumput yang kuat. Basis tersebut membuat jenis musik ini mampu terus berkembang dan diterima oleh berbagai macam kalangan.

Jenis musik punk juga kerap kali membicarakan tema-tema yang tengah bersirkulasi di kalangan masyarakat sehingga para pendengarnya bisa merasakan bahkan terwakilkan melalui karya-karyanya.

4. Hip-hop

Beberapa waktu belakangan, genre hip-hop menjadi salah satu jenis musik yang mewarnai jagad musik Tanah Air. Popularitas jenis musik ini didasari lantaran banyaknya musisi yang mulai mencuat ke permukaan dengan berani membawakan hip-hop menjadi musik yang nikmat didengarkan.

Popularitas jenis musik satu ini juga menarik perhatian dari berbagai macam musik lainnya. R&B, pop, hingga metal sekali pun kerap kali meluncurkan karya kolaboratif yang cukup menarik untuk diperdengarkan.

5. Rock

Jika membahas genre musik yang terus berkembang di berbagai generasi dan zaman, rock merupakan salah satunya. Jenis musik satu ini merupakan salah satu jenis musik yang cukup fleksibel.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan lahirnya turunan jenis musik seperti, indie rock dan alternative rock yang terkesan kontemporer dan tidak membatasi keinginan para musisi di dalamnya untuk melakukan eksperimen.

Rock juga merupakan salah satu genre yang kolaboratif. Untuk masuk ke ranah musik pop, jenis musik rock bisa memasukan elemen balada yang terdengar lebih halus dan melankolis tanpa harus menghilangkan karakteristik musiknya secara keseluruhan.

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US