The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Deretan Grup Kpop yang Bubar di 2021, Nomor 4 Disbandment Paling Syok!
Deretan grup Kpop yang bubar di tahun 2021 ini. Kiri: Got7 (Instagram/@got7.with.igot7), kanan: Girl group Lovelyz. (Instagram/@official_lvlz8_).
Music

Deretan Grup Kpop yang Bubar di 2021, Nomor 4 Disbandment Paling Syok!

Siapa saja?

Rabu, 08 Desember 2021 17:20 WIB 08 Desember 2021, 17:20 WIB

INDOZONE.ID - Tahun ini adalah tahun yang menyedihkan untuk berbagai sebagian fandom grup Kpop tertentu, khususnya beberapa fandom grup generasi ketiga. Beberapa grup yang sudah melewati 7 tahun, kemungkinan akan dibubarkan, entah karena alasan kontrak atau hal lainnya.

Nah, dari semua beberapa grup yang ada, berikut adalah grup Kpop yang pembubarannya membuat para fandom bersedih di tahun ini.

1. GOT7

Boy Group GOT7  (Instagram/@got7.with.igot7).
Boy Group GOT7 (Instagram/@got7.with.igot7).

Awal tahun lalu, JYP Entertainment mengonfirmasi bahwa kontrak GOT7 berakhir pada bulan Januari dan menyatakan bahwa mereka sedang mendiskusikan berbagai kemungkinan dengan para anggota. Sampai akhirnya beberapa member pun akhirnya berpisah dan menjalani kehidupan barunya di berbagai agensi berbeda.

GOT7 sendiri adalah grup beranggotakan tujuh orang dari JYP Entertainment yang memulai debutnya pada tahun 2014. Mereka baru-baru ini memenangkan Top 10 Pilihan Penggemar Sedunia di Mnet Asian Music Awards 2020 dan Penampilan Tahun Ini Daesang di Asia Artist Awards 2020.

2. TREI

Trei Kpop.fandom
Trei (Kpop.fandom).

Boy group ini bisa disebut salah satu grup yang bubar tercepat di tahun ini. TREI adalah boy grup beranggotakan tiga orang di bawah Banana Culture.

Mereka debut pada 19 Februari 2019 dengan mini album Born. Pada 19 Juni 2020, diumumkan bahwa grup tersebut telah dibubarkan setelah semua anggota keluar dari agensi.

Baca Juga: Kep1er Undur Jadwal Debut, Wake One Entertainment Belum Beri Penjelasan Jadwal Terbarunya

3. IZ*ONE

Girl group IZONE. Instagram official_izone
Girl group IZONE. (Instagram/@official_izone).

Jadi satu-satunya grup yang bertahan dari semua grup hasil program survival show Produce series besutan Mnet, kini IZ*ONE dinyatakan akan bubar.

Kabar itu diumumkan oleh Mnet yang mengatakan bila grup idol beranggotakan Eunbi, Sakura, Hyewon, Yena, Chaeyeon, Chaewon, Minju, Hitomi, Nako, Yuri, Yujin, dan Wonyoung tersebut resmi dibubarkan pada April lalu sesuai dengan kontrak mereka.

Seluruh member akan kembali kembali ke agensi masing-masing setelah bubar dan melanjutkan aktivitas mereka secara terpisah. Pihak Mnet dan Swing Entertainment atau Off the Record telah berdiskusi dan menyatakan bahwa grup tersebut harus dibubarkan sesuai kontrak 2,5 tahun sejak Oktober 2018 lalu.

4. GFRIEND

Para member GFRIEND.
Para member GFRIEND. (Instagram/@gfriendofficial).

Kabar disbandment paling mengejutkan di dunia kpop tahun adalah bubarnya girl group GFRIEND yang bernaung di Source Music. Mereka dikabarkan bubar padahak jadwal mereka dan agenda masih ada yang dihapus secara tiba-tiba. Sampai saat ini, kabar bubarnya sesungguhnya masih jadi pergunjingan di dunia per Kpopan sampai saat ini.

Mengutip 10Asia, keenam member GFRIEND yang terdiri dari Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji kabarnya tidak memperpanjang kontrak mereka dengan Source Music karena tidak mencapai kesepakatan dan mereka memilih untuk menempuh jalan mereka sendiri. Kontraknya sendiri berakhir per tanggal 22 Mei lalu.

5. Berry Good

Berry Good.
Berry Good. (Wikipedia).

Berry Good adalah girl grup Korea Selatan yang dibentuk oleh Asia Bridge Entertainment pada tahun 2014. Line-up grup ini terdiri dari 9 anggota total: Subin, Iera, Nayeon, Daye, Taeha, Seoyul, Gowoon, Johyun, dan Sehyung.

Mereka merilis single debut Love Letter pada 21 Mei 2014. Mereka resmi bubar pada 12 Mei 2021.

6. Lovelyz

Girl group Lovelyz. Instagram official_lvlz8_
Girl group Lovelyz. (Instagram/@official_lvlz8_).

Girl Group Lovelyz secara resmi bubar pada 16 November lalu. Sebanyak tujuh dari delapan anggota girl group Lovelyz keluar dari Woollim Entertainment, kecuali Baby Soul menjadi satu-satunya yang melanjutkan karier di bawah naungan agensi tersebut.

Melalui diskusi panjang, sebanyak tujuh anggota Lovelyz yakni Yoo Jiae, Seo Jisoo, Lee Mijoo, Kei, Jin, Ryu Sujeong, Jung Yein memutuskan melanjutkan karir di tempat baru.

Lovelyz menjadi grup idola K-pop wanita pertama Woollim Entertainment yang memulai debutnya pada November 2014 melalui “Candy Jelly Love.” Comeback terbaru mereka yakni pada September 2020 dengan “Obliviate.”

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US