The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Lagu Barat Melow Tempo Dulu Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Mewek dan Banjir Air Mata
Ilustrasi Galau. (Unsplash/Anthony Tran)
Music

5 Lagu Barat Melow Tempo Dulu Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Mewek dan Banjir Air Mata

Musik galau?

Sabtu, 06 November 2021 09:36 WIB 06 November 2021, 09:36 WIB

INDOZONE.ID - Lagu barat melow memang memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan perasaan di dalam hati setiap orang. Apalagi lirik bahasa Inggris yang dihadirkan memiliki arti yang mendalam akan sebuah kondisi hati yang berkecamuk.

Seiring perkembangan musik yang terus membaur satu sama lain, lagu barat sedih juga diproduksi sesuai dengan genre yang diusung masing-masing band atau penyanyi solo. Namun, lagu-lagu masa dulu tampaknya tidak kalah populer dengan lagu-lagu masa kini.

Baca Juga: Enak Didengar, Lagu Barat Ini Punya Chord Gitar yang Mudah untuk Dimainkan

Berikut INDOZONE sajikan 5 lagu barat melow tempo dulu terbaik sepanjang masa.

1. Hurt - Johnny Cash

Johnny Cash adalah salah satu legenda dalam dunia musik. Sebelum meninggal dunia pada 2003, ia berhasil meninggalkan warisan yang tak terlupakan dan tidak dapat ditandingi oleh bintang musik country lainnya.

Johnny Cash mewarisi hits terakhirnya "Hurt" yang rilis tahun 2002. Lagu ini adalah lagu cover yang diambil dari band Nine Inch Nails. Gitar akustik yang tajam dan vokal Cash yang rapuh berhasil membuat lagu ini lebih populer daripada versi aslinya.

Kesedihan dalam lagu ini diperkuat dengan liriknya yang sangat dalam. Kematian Cash diumumkan tak lama setelah Hurt dirilis, suasana suram pun membayangi lagu barat sedih ini.

2. Brothers in Arms - Dire Straits

Lagu "Brothers in Arms" dari Dire Straits ini muncul di album mereka yang dirilis tahun 1985 dengan nama yang sama. Lagu melankolis ini memang sengaja dibuat sebagai lagu anti-perang.

Lagu barat sedih ini ternyata dirilis ulang pada tahun 2007 sebagai edisi khusus untuk memperingati ulang tahun ke-25 Perang Falkland. Dalam acara peringatan tersebut berhasil mengumpulkan dana untuk veteran perang yang memiliki gangguan stres pasca trauma (PTSD).

3. How To Disappear Completely - Radiohead

How To Disappear Completely merupakan lagu yang sangat menggambarkan perasaan tak ingin berada di suatu tempat atau situasi yang begitu menyakitkan.

Lagu ini seolah-olah menggambarkan harapan yang dapat mengatakan pada diri sendiri "aku tidak ada di sini" dan pergi begitu saja.

Didukung dengan suara Yorke yang berliku-liku dan terdengar seperti mimpi juga sangat luar biasa dalam lagu ini. Lagu barat sedih ini turut membangun rasa sedih dan penyesalan hingga klimaks emosionalnya.

Dalam wawancara kepada BBC di tahun 2006, Thom Yorke mengatakan lagu ini adalah "Hal terindah yang pernah mereka (Radiohead) buat."

4. Comfortably Numb - Pink Floyd

Bagi kamu yang menyukai lagu-lagu rock tahun 70-an, "Comfortably Numb" bisa menjadi rekomendasi lagu barat sedih yang harus segera didengarkan.
Dirilis dalam album The Wall, lagu ini menggambarkan "pemisahan" diri dari masyarakat, lagu ini menjadi salah satu lagu tersedih dan paling indah sepanjang masa.

Secara tidak langsung, lagu ini menggambarkan sikap apatis dari orang-orang di sekitar kamu, walau beberapa orang menganggap kalau Comfortably Numb adalah lagu tentang drugs.

5. Hallelujah - Jeff Buckley

Hallelujah adalah lagu cover yang justru melampaui kesuksesan versi aslinya. Dalam lagu ini, Jeff Buckley berhasil mengambil himne Alkitab Leonard Cohen. Ia pun mengubahnya menjadi versinya sendiri. Lagu barat sedih ini bercerita tentang kesia-siaan dan rasa sakit karena cinta.

Jeff Buckley justru mengganti synth dan bass, seperti versi Leonard Cohen, dengan gitar tunggal bernada tinggi. Namun, Jeff Buckley hanya memproduksi satu album studio ini sampai ia ditemukan tenggelam di anak Sungai Mississippi pada tahun 1997 silam. Atas insiden itu pula ia dinyatakan meninggal dunia.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US