The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jin BTS Akui Bisa Lebih Ekspresif dalam Bermusik Ketika Jadi Solois Ketimbang Grup
Jin BTS (Instagram/jin)
Music

Jin BTS Akui Bisa Lebih Ekspresif dalam Bermusik Ketika Jadi Solois Ketimbang Grup

Senin, 03 Januari 2022 20:54 WIB 03 Januari 2022, 20:54 WIB

INDOZONE.ID - Personel grup musik BTS, Jin mengaku bisa lebih ekspresif dalam bermusik ketika menjadi solois ketimbang tergabung dalam grup. Hal itu diungkapkannya dalam wawancara dengan majalah GQ belum lama ini.

Menurut dia, ketika tergabung dalam grup, maka pemilihan lagu harus disepakati dan setujui oleh seluruh personel. Sementara jika solo, maka pemilihan lagu bisa disesuaikan dengan gaya sendiri.

"Di lagu solo, lagu bisa disesuaikan dengan gaya snediri, saya bisa memilih kunci berdasarkan suaraku yang paling indah. Itu juga berpengaruh terhadap lirik dan juga melodinya," ungkap Jin seperti dilansir Allkpop, Senin (3/1/2022).

Namun kata Jin, menjadi solois bukan tanpa halangan, pemilihan lagu harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, lagu yang akan dinyanyikan harus bisa dirasakan secara empati atau simpati.

Jika lagu yang akan dinyanyikan bercerita mengenai masalah lingkungan misalnya, maka Jin harus benar-benar memahami masalah lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

"Bisakah saya menceritakan kisah seperti ini (dalam lagu)? Apakah saya benar-benar memahami masalah ini dengan baik dan menerapkannya dalam keseharian," cerita dia.

Bikin lagu dengan pikiran yang tenang

jin bts
Jin (Instagram/jin)

Jin mengatakan untuk mengerjakan sebuah lagu atau musik, maka pikirannya harus benar-benar tenang dan santai. Biasanya, dia akan selalu menuliskan ide yang tiba-tiba terlintas di kepalanya di dalam sebuah memo.

Lebih lanjut, dalam menulis lagu, Jin justru membiarkannya mengalir tanpa harus ditentukan topik seperti apa yang akan dijadikan sebuah lagu.

Setelah pembuatan lagu selesai, Jin bisa menghabiskan waktu tiga sampai empat bulan untuk menyunting lirik dan musiknya.

Lagu solo Jin BTS

jin bts
Jin (Instagram/jin)

Seperti diketahui, Jin merupakan salah satu vokalis dalam grup musik BTS bersama tiga rekannya yang lain seperti Jungkook, Jimin, dan Taehyung.

Posisi vokalis itu dipegangnya karena dia memiliki suara yang merdu dan juga lembut. Karakter suara Jin yang demikian membuatnya sangat cocok menyanyikan jenis lagu ballad atau melow.

Sejauh ini, Jin BTS telah melahirkan sebanyak tujuh single solo, seperti Awake yang dirilis pada 2016, Epiphany dan Mom pada 2018.

Lalu, Tonight yang dirilis saat event perayaan anniversary BTS yang ke-6 pada 2019, Moon yang menjadi salah satu single di album BE yang dirilis pada 2020 lalu, Abyss pada 2020, dan Yours pada 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US