The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Grammy Awards Belum Ada Rencana Bikin Kategori Khusus K-pop
Grammy Awards. (photo/REUTERS/Carlo Allegri)
Music

Grammy Awards Belum Ada Rencana Bikin Kategori Khusus K-pop

Selasa, 25 Mei 2021 21:41 WIB 25 Mei 2021, 21:41 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pejabat Grammy mengungkapkan bahwa pihaknya belum ada rencana untuk membuat kategori khusus K-pop dalam waktu dekat. Apa sih alasannya?

Sebelumnya, Recording Academy yang mempersembahkan ajang tahunan Grammy Awards, terkadang menambahkan kategori baru dalam upacara penghargaan tersebut.

Kategori-kategori yang baru ditambahkan yakni, Penampilan Musik Global Terbaik dan Album Música Urbana Terbaik yang diumumkan pada 30 April dan akan diperkenalkan tahun depan pada Grammy Awards ke-64.

Namun, kepala penghargaan di Recording Academy, Bill Freimuth mengatakan bahwa kategori khusus K-pop tampaknya tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat. Sebab, pihaknya merasa sulit untuk mendefinisikan musik Korea dari musik pop biasa sebagai penguat untuk kategorinya sendiri.

"Menurut saya, K-pop modern benar-benar dimulai pada tahun 1990-an. Mereka mengambil apa yang populer di era itu (seperti R&B dan bubblegum pop) dan menjadikannya milik mereka," ujar Freimuth dilansir NME, Selasa.

"Apa yang kami dengar dari komunitas adalah bahwa mereka menganggap apa yang mereka ciptakan sebagai musik pop," imbuhnya.

Selain itu, Freimuth juga menunjukkan bahwa proses penambahan kategori baru "cukup formal", membutuhkan proposal yang terperinci, beberapa putaran persetujuan dan ratifikasi oleh komite dan dewan yang berbeda.


Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US