The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lagu Lathi Populer, Mengandung Unsur Mistis atau Culture Shock?
Potongan klip video 'Lathi' (Youtube/Weird Genius).
Music

Lagu Lathi Populer, Mengandung Unsur Mistis atau Culture Shock?

Penjelasan pakar Tarot.

Kamis, 11 Juni 2020 19:13 WIB 11 Juni 2020, 19:13 WIB

INDOZONE.ID - Suara misterius rintihan perempuan dalam satu video #LathiChallange belakangan ini santer diperbincangkan. Sebagian netizen beranggapan bahwa rintihan misterius tersebut nyata adanya, sementara lainnya menganggap suara tersebut hanya bagian dari musik saja.

Seperti yang kita ketahui, lagu 'Lathi' milik grup EDM Weird Genius mendadak populer seiring dengan makeup #LathiChallange yang dibuat oleh Beauty Vlogger, Jharna Bhagwani.

Banyak netizen yang mengatakan bahwa musik Lathi erat kaitannya dengan hal-hal mistis yang kini ramai diperbincangkan. Berangkat dari rasa penasaran tersebut, Tarot Card Reader, Aldzah Aditya mencoba mengungkapkan apa sih yang sebenarnya terjadi dengan lagu Lathi.

Melalui kartu Transcendetal dari Cosmic Oracle, Citra Prima, ia menjelaskan bahwa lagu Lathi menjadi salah satu perkembangan musik di Indonesia. Kemunculan lagu Lathi memiliki peranan yang begitu besar dalam industri musik saat ini.

Weird Genius terdiri dari Eka Gustiwana dan Reza “Arap” Oktovian, serta Gerard Liu. (Insert) Sara Fajira.
Weird Genius terdiri dari Eka Gustiwana dan Reza “Arap” Oktovian, serta Gerard Liu. (Insert) Sara Fajira. (Instagram/Youtube/Weird Genius)

"Lagu Lathi seolah membuka mata para musisi agar lebih mengedepankan tren yang memiliki jati diri asal usul bangsa. Melalui apa yang saya lihat, lagu ini justru dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk memuaskan ego dan mencari sesuatu yang belum mereka dapatkan, misalnya popularitas dan perhatian," kata Aldzah Aditya, Tarot Card Reader saat dihubungi Indozone, Kamis (11/6/2020).

Kemudian, imajinasi berlebih ini menumbuhkan ego untuk mendapatkan hal itu lebih terasa lagi. Sementara itu, viralnya lagu 'Lathi' kemudian dikaitkan dengan hal mistis merupakan suatu bentuk shock pada masyarakat Indonesia.

"Menurut bacaanku dan bisikan dari kakek yang menjaga aku, popularis lagu Lathi hanya keterkejutan masyarakat Indonesia dengan budayanya sendiri. Pada dasarnya, sebagian besar masyarakat ada yang tidak memahami lantunan bahasa yang digunakan pada lagu tersebut. Padahal bahasa itu berasal dari tanah yang sama," ungkap Aldzah.

Popularitas lagu 'Lathi' ini semakin menyadarkan kita betapa dekatnya masyarakat Indonesia dengan budaya luar, sedangkan budayanya sendiri tak mampu dikenali. Bahkan, masyarakat kerap menaruh kecurigaan tidak mendasar. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US