Perbedaan Idol Group Korea Selatan dan Jepang
Atas: Sebagian member HKT48 (Twitter/@HKT48), bawah: IZ*One (Twitter/@official_Izone)
Music

Perbedaan Idol Group Korea Selatan dan Jepang

Berdasarkan penuturan personel IZ*One dan HKT48

Senin, 17 Februari 2020 15:47 WIB 17 Februari 2020, 15:47 WIB

INDOZONE.ID - Baik Korea Selatan dan Jepang sama-sama memiliki idol grupnya masing-masing. Keduanya sama-sama menghiasi industri musiknya.

Konsepnya mungkin sama, beberapa grup perempuan atau laki-laki yang terdiri dengan berbagai macam persona, keahlian, dan bakatnya masing-masing. Namun pada dasarnya terlihat sekali ciri khas dari kedua grup masing-masing negara tersebut.

Hal itu sempat diutarakan oleh Miyawaki Sakura, salah satu personil HKT48 yang juga debut sebagai idol Korea Selatan bernama IZ*One. Ia merasakan langsung perbedaannya.

Konsep Idol Jepang seragam, konsep Idol Korea beragam

"Kalau idol group Jepang itu konsep idolnya hampir semua cute," tuturnya dalam sebuah acara variety show Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Miyawaki Sakura, member IZ*One dan HKT48, AKB48
Miyawaki Sakura, member IZ*One dan HKT48, AKB48 (Twitter/@official_izone)

Sementara, baginya, idol Korea Selatan memiliki banyak konsep. Mulai dari girl crush, cute, dan masih banyak lagi.

"Di Korea itu konsep idolnya lebih beragam," tambahnya.

Tidak hanya itu, idol group sister dari AKB48 itu menggunakan konsep 'idols you can meet' atau 'idol yang bertumbuh bersama fans.' Dalam artian para fans bisa melihat bagaimana perkembangan idolanya, mulai dari nggak bisa nyanyi, dance, atau bahkan memiliki kepribadian pemalu sampai akhirnya bisa berkembang kepribadiannya.

Sementara, di Korea Selatan, untuk debut dalam sebuah idol group, mereka harus menjadi trainee di sebuah agensi dan mengikuti pelatihan ketat sebelum mereka akhirnya bisa debut. Hal itu yang membuat idol Korea Selatan lebih matang di bagian skill. 

Hal itu juga sempat diutarakan Sakura saat melihat bakat para calon idol di Korea Selatan saat masih mengikuti program 'Produce 48' yang ditayangkan 2018 silam.

"Mereka (calon idol Korea) levelnya berbeda dengan kami. Kami ngga setara. Habislah kami," ucap Sakura sambil tersenyum.

Dalam urusan posisi, para idol Korea Selatan memang dikonsepkan lebih rapi dengan adanya pembagian posisi vokal, rapper, leader, visual, dan lain-lain. Bahkan mereka juga diatur dalam lagu. 

Sedangkan posisi idol Jepang seperti grup AKB48 lebih ditentukan oleh senbatsu. Lagunya pun dinyanyikan bersama-sama. 

Meskipun begitu, kedua idol dari dua negeri disukai para fansnya masing-masing. terkadang keduanya juga berkolaborasi. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU