The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal 8 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya
Gamelan (Wikipedia)
Music

Mengenal 8 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya

Kamis, 25 Juni 2020 11:37 WIB 25 Juni 2020, 11:37 WIB

INDOZONE.ID - Dari dulu hingga sekarang, ada banyak sekali alat musik tradisional Indonesia dengan ciri khas unik pada setiap alat musiknya.

Tak sekadar unik, alat musik tradisional Indonesia pun menjadi kebanggaan negara hingga ke mancanegara. Alat musik tradisional Indonesia mampu memukau masyarakat dunia.

Sampai saat ini, keberadaan alat musik tradisional tidak pernah meredup dan masih banyak digunakan di berbagai pentas kebudayaan.

Ragam Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap alat musik punya keunikan masing-masing. Keunikan alat musik ini tak terlepas dari adat istiadat dan budaya masyarakat lokal Indonesia.

Lalu, apa saja jenis alat musik tradisional Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia? Selengkapnya, simak ulasan dalam artikel berikut ini:

1. Angklung

alat musik tradisional Indonesia angklung
Angklung, alat musik tradisional Indonesia (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Angklung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat, terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Saking terkenalnya angklung, alat musik ini juga telah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.

2. Sasando

alat musik tradisional Indonesia sasando
Alat musik tradisional NTT, sasando (Instagram/@anitakase97)

Sasando adalah alat musik tradisional yang dipetik khas Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terbuat dari daun lontar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar dan berbentuk seperti harpa.

Bentuk sasando sangat unik. Suara yang dihasilkan saat memainkan sasando ini pun begitu khas.

3. Kolintang

alat musik tradisional Indonesia Kolintang
Alat musik tradisional, Kolintang (Wikipedia)

Alat musik tradisional Indonesia berikutnya merupakan kolintang atau kulintang. Alat musik ini terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar.

Berasal dari Sulawesi Selatan, kolintang terbuat dari kayu. Kayu yang dipakai untuk membuat kolintang yaitu jenis kayu lokal.

4. Tifa

alat musik ritmis tradisional Indonesia Tifa
Alat musik ritmis tradisional Tifa (Wikipedia)

Tifa termasuk salah satu contoh alat musik ritmis populer khas Indonesia bagian Timur, khususnya di Maluku dan Papua. 

Alat musik ini berbentuk menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya. Ada beberapa macam jenis alat musik tifa, seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong, dan tifa bas.

Cara memainkan tifa mirip seperti alat musik gendang yaitu dengan cara dipukul. Tifa terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.

Biasanya, bagian penutup tifa ini menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara bagus dan indah.

Bentuknya pun biasanya dibuat dengan ukiran. Tiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing. 

5. Gamelan

alat musik tradisional Indonesia Gamelan
Gamelan (Wikipedia)

Gamelan merupakan musik ansambel tradisional khas Indonesia yang berasal dari Jawa, Sunda, dan Bali. Instrumen yang paling umum digunakan antara lain gangsa, gender, bonang, gong, dan banyak lagi.

Tak hanya terkenal di Indonesia, gamelan pun sudah sangat populer di luar negeri. Bahkan, gamelan sudah diajarkan dan masuk kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zealand.

6. Gendang

contoh jenis alat musik tradisional Indonesia gendang
Alat musik ritmis gendang (tokopedia.com)

Gendang (kendang/kendhang) merupakan jenis alat musik ritmis asli Indonesia paling terkenal. Alat musik ini terbuat dari kayu yang dilubangi pada bagian tengah. Kemudian bagian tersebut ditutup dengan kulit hewan.

Alat musik ritmis tradisional ini sampai sekarang masih ramai digunakan, terutama pada acara budaya Jawa dan Bali untuk mengiringi lagu tradisional.

Cara memainkan alat musik gendang biasanya dipukul dengan tangan. Namun, beberapa orang juga memainkan gendang menggunakan alat.

7. Saluang

alat musik tradisional Indonesia Saluang
Alat musik tradisional Saluang (Wikipedia)

Berikutnya, ada salah satu alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat yang masih populer sampai sekarang yaitu saluang. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang.

Masyarakat suku Minangkabau percaya bahwa bahan yang paling bagus untuk dibuat saluang adalah berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai. 

8. Aramba

alat musik tradisional Indonesia suku Nias, Aramba
Alat musik tradisional suku Nias, Aramba (Istimewa)

Kali ini, kita ke daerah Sumatera Utara, tepatnya di Pulau Nias yang juga memiliki alat musik tradisional  yaitu aramba.

Cara memainkan alat musik aramba ini cukup dengan dipukul menggunakan alat pukulnya sendiri, seperti halnya alat musik gong di pulau Jawa. Adapun jenis bunyi yang dihasilkan aramba adalah ideofon.


Nah, itulah beberapa jenis alat musik tradisional Indonesia yang sampai sekarang masih eksis, bahkan digunakan di sejumlah negara dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US