The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seberapa Besar Pengaruh Acara Penghargaan Musik Bagi Musisi?
Ilustrasi penghargaan musik Anugerah Musik Indonesia. (Instagram/@amiawards).
Music

Seberapa Besar Pengaruh Acara Penghargaan Musik Bagi Musisi?

Ini penjelasan ASIRI.

Selasa, 08 Juni 2021 17:13 WIB 08 Juni 2021, 17:13 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran acara penghargaan kian ramai hadir memeriahkan dunia seni dan pertunjukan, tak terkecuali sederet acara penghargaan untuk insan musisi. 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa penghargaan musik seperti Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) yang penenangnya berdasarkan penilaian juri, serta penghargaan yang berdasarkan voting dari penggemar.

Namun, timbul pertanyaan apakah penghargaan atau awards memiliki pengaruh tersendiri bagi perkembangan musisi yang menerimanya, mengingat tak sedikit pula penghargaan yang didasarkan pemilihan penggemar -- dimana besarnya kelompok penggemar (fanbase) juga sangat berpengaruh.

"Award punya pengaruh di industri musik. Award ini memvalidasi kesuksesan musik tersebut dari karya musisi atau idola yang didukung oleh fans," kata General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Braniko Indhyar dalam jumpa pers daring, ditulis pada Selasa (8/6/2021), seperti yang dikutip dari Antara.

Pria yang akrab disapa Niko itu kemudian memberikan contoh grup idola K-pop BTS -- yang berhasil mencuri perhatian dunia hingga masuk ke dalam nominasi penghargaan musik internasional. Menurut dia, kontribusi penggemar yang tinggi mempengaruhi popularitas hingga mendapatkan penghargaan.

BTS dengan penghargaan Seoul Music Awards.
BTS dengan penghargaan Seoul Music Awards. (Instagram/@btsbangtanboysofficial_7).

Baca Juga: HRS dan UAS Disebut Calon Kuat Presiden, Abu Janda: Surveinya di Sel Napi Teroris

"BTS misalnya, yang berhasil masuk nominasi, itu sesuatu banget untuk para fans. Fans punya peranan penting di industri musik, dan ini bisa dicontoh. Apalagi di saat pandemi seperti ini, fans ingin berkontribusi lebih untuk mendukung idolanya. Kalau fans-nya banyak, musisi tentu akan semakin termotivasi berkarya," ujar Niko.

Ketika disinggung mengenai penghargaan yang didasarkan dukungan penggemar (fans' choice), Niko berpendapat hal tersebut tidak mempengaruhi "kualitas" musik, dan daya saing di industri musik pun tetap akan ada.

"Karena yang memilih adalah fans, jadi ini adalah dari kekuatan fans. Soal kualitas, selera orang beda-beda. Dan daya saing akan tetap ada, karena awards adalah trigger musisi untuk terus berkarya," kata dia.

Lebih lanjut, Niko membagi sejumlah kiat bagi para musisi baru untuk membuat fanbase yang loyal. Pertama adalah jangan putus asa, namun harus terus aktif dan konsisten dalam berkarya dan menjangkau penggemar.

"Musisi bisa membuat konten dan karya baru untuk mendapatkan fans, karena fans melihat keaktifan mereka. Musisi itu harus aktif, konsisten dan totalitas dalam berkarya serta manfaatkan sosial media dengan baik untuk berinteraksi dengan pendengar," kata Niko.

"Kalau musisinya bisa menjalin komunikasi yang baik dengan fans, pasti fans-nya juga akan loyal. Musisi bisa memanfaatkan platform streaming musik yang memungkinkan para musisi untuk lebih dekat dengan para penggemar dan lebih mudah memperkenalkan karyanya kepada audiens yang semakin luas melalui fitur-fitur interaktif yang ada," pungkasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US