The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diakui Dunia, 5 Band Metal Indonesia Ini Dapat Predikat Terbaik Versi Media Internasional
Ilustrasi Band Metal. (Instagram/@burgerkillhc)
Music

Diakui Dunia, 5 Band Metal Indonesia Ini Dapat Predikat Terbaik Versi Media Internasional

Rabu, 29 September 2021 12:37 WIB 29 September 2021, 12:37 WIB

INDOZONE.ID - Pergerakan musik Indonesia semakin hari semakin melonjak dan mampu bersaing dengan musik-musik luar negeri. Hal ini tampak dari banyaknya musisi yang melakukan kolaborasi maupun tampil di mancanegara.

Tak hanya penyanyi pop saja, ternyata band metal Indonesia kini mulai memasuki tahap diterima oleh dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya nama-nama band metal Indonesia yang cukup aktif bermain di festival musik mancanegara.

Bahkan saking populernya, media musik internasional pun mengakui kepiawaian dan kualitas yang ditawarkan dari karya-karya band metal nasional ini.

Baca juga: Dreamcatcher Konsisten Jadi Girl Group Kpop Bergenre Rock Metal di Teaser Comebacknya

Wah, siapa saja ya? Berikut daftar band metal yang mendapat pengakuan terbaik dari media Internasional.


1. Beside

Berdiri di Bandung pada tahun 1997, perjalanan karier Beside sebagai salah satu band metal veteran tanah air pun hingga kini masih berlanjut kuat meskipun kerap kali tersiar kabar bongkar pasang personel.

Di tahun 2017 lalu, Beside pun kembali mengguncang panggung internasional dengan penampilannya di festival musik Wacken Open Air di Jerman. Beside merupakan perwakilan dari Indonesia dan juga Asia di salah satu festival musik cadas terbesar dunia tersebut. Kesempatan tersebut berhasil diraih oleh Beside setelah keluar sebagai pemenang untuk Wacken Metal Battle Indonesia melawan lebih dari 200 band metal dari seluruh penjuru nusantara.


2. Burgerkill

Burgerkill merupakan salah satu penggagas skena metal Ujungberung, Bandung, yang reputasinya sudah dikenal di seluruh pelosok Indonesia. Terbentuk di tahun 1995, secara konsisten band metal Indonesia satu ini terus berkontribusi untuk skena dan mengasah kemampuan bermusiknya di atas panggung.

Di tahun 2019, Burgerkill sempat melangsungkan tur ke Amerika Serikat. Band metal asal Bandung ini berhasil menggelar pertunjukkan di Philadelphia, Chicago, dan New York City untuk mempromosikan album Adamantine yang juga rilis di tahun yang sama.


3. Siksakubur

Siksakubur merupakan salah satu band metal, tepatnya death metal asal Indonesia yang punya perjalanan karier penuh kisah dan masih cukup besar legacy-nya hingga saat ini.

Meskipun masih aktif, namun band metal asal Jakarta ini sudah tidak lagi diperkuat oleh para personel yang membuka jalan Siksakubur di kancah permusikan Indonesia, seperti Andyan Gorust, Ade Godel, Burgenk, dan Japs.

Terbentuk di tahun 1996, Siksakubur masih dianggap sebagai salah satu pentolan yang berhasil mempopulerkan technical death metal di Indonesia. Total ada 8 album penuh yang sudah dirilis oleh Siksakubur sepanjang karier mereka.


4. Noxa

Noxa bisa dibilang salah satu band metal veteran asal Indonesia. Dibentuk pada tahun 2002, band metal Indonesia satu ini cukup aktif berkontribusi untuk mengembangkan skena grindcore Jakarta, bahkan Indonesia secara keseluruhan.

SIngapura dan Malaysia jadi dua negara yang berhasil disambangi oleh Noxa pertama kali untuk mempromosikan album perdana mereka. Perjalanan Noxa seusai merilis album perdananya cukup berhasil menambah minat penikmat musik metal dunia.

Di tahun 2006, band metal asal Jakarta ini berhasil merilis album kedua mereka, Grind Viruses dan mendapatkan kesempatan untuk tampil di atas panggung Tuska Open Air Metal Festival di Finlandia di tahun 2008.


5. Seringai

Seringai lebih sering dikenal sebagai band high octane rock. Kepiawaian Seringai dalam mengolah dan bereksperimen dengan elemen-elemen musik keras, menjadikan mereka sebagai salah satu band metal yang cukup bisa menarik perhatian banyak penikmat musik.

Salah satu band metal papan atas dunia, Metallica pun juga ikut mendapatkan kesan berkat karya-karya dari band metal Jakarta yang terbentuk di tahun 2002 ini.

Hal tersebut dibuktikan oleh terpilihnya Seringai sebagai aksi pembuka konser Metallica di Jakarta pada tahun 2013. Seringai jadi satu-satunya band metal, serta jadi penampil yang dipilih langsung oleh Metallica untuk menjadi pembukanya pada gelaran konser tersebut.

Di tahun 2019, Seringai juga berhasil menggelar tur konser internasional di Jepang. Tercatat Seringai tampil di 4 venue berbeda di Tokyo dan Yokohama untuk mempromosikan album mereka yang berjudul "Seperti Api".

Putri
Abdul Fattah
Putri

Putri

Editor
JOIN US
JOIN US