The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

D’Cinnamons Rilis Single Baru, Berikut 5 Fakta Menarik di Balik 'Silence of Christmas'
Para personel D'Cinnamons. (Istimewa).
Music

D’Cinnamons Rilis Single Baru, Berikut 5 Fakta Menarik di Balik 'Silence of Christmas'

Dirilis bulan ini.

Kamis, 02 Desember 2021 20:05 WIB 02 Desember 2021, 20:05 WIB

INDOZONE.ID - Lama tak terdengar kabarnya, trio pop akustik D'Cinnamons  kembali meperkenalkan karyanya lewat single terbarunya yang dirilis secara mandiri. Sebuah single bertajuk 'Silence of Christmas' yang dirilis di akhir tahun menjelang perayan natal tahun ini.

Tidak seperti single bertema natal lainnya yang penuh nuansa keceriaan dan sukacita, ketiga personelnya yang terdiri dari Diana ‘Dodo’ Widoera (vokal/gitar), Bona Ventura (gitar) dan Riana ‘Nana’ Mayasari (bass) justru menghadirkan single natal yang sedikit 'senyap'. 

Hal itulah yang tergambar saat Indozone menghubungi ketiga personelnya melalui video Whatsapp pada Kamis, (2/12/2021). Dari hasil obrolan singkatnya, berikut ini sedikit rangkuman obrolan di balik proses kreatif pembuatan single tersebut.

1. Sering ngumpul dan curhat jadi ajang menciptakan lagu.

Para personel D
Para personel D'Cinnamons. (Istimewa).

Kepada Indozone, cikal bakal tercipta lagu ini bermula berkat seringnya mongkrong bersama para personel D'Cinnamons. Meski sudah memiliki kegiatan dan keluarganya masing-masing, ketiga personel masih rajin nongkrong dan saling menceritakan keluh kesahnya masing-masing.

"Saya bersyukur punya band yang masih bisa sering ngumpul. Meski kita sudah berkeluarga dan punya kegiatan masing-masing, kami tetap ngumpul, dan buat lagu. Dan dari sering ngobrol inilah, kami saling curhat," kata Dodo.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Voice of Baceprot Batalkan Konser di Dua Kota Belanda

2. Terinspirasi dari rasa kehilangan Dodo D'Cinnamons di momen natal.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by D'cinnamons Acoustic Band (@dcinnamons)

Saat ngobrol dan curhat tersebut, Dodo akhirnya bercerita kepada Nana dan Bona tentang kehilangannya akan seseorang di momen natal. Dari curhatan itulah, akhirnya tercipta lagu 'Silence of Christmar' yang dibuat untuk mengobati rasa kehilangan tersebut.

"Saya sempat mengalami rasanya kehilangan seorang sahabat di natal tahun lalu. Rasanya down, sedih, sunyi. Pengennya nggak kemana-mana. Lagu ini dibuat untuk healing," jelas Dodo.

3. Direkam secara live dan sangat minimalis.

Dalam urusan aransemen dan proses rekaman, D'Cinammons memilih konsep minimalis yang 'raw', seperti metode rakaman band zaman dulu. Mereka merekam secara live, dengan gitar dan vokal langsung rekam. 

"Kita ngerekam secara live. Jadi saya main gitar, Dodo vokal. Dan direkan sampai enam kali. Lalu dari semua itu, dipilih yang paling bagus," kata Bona.

Baca Juga: Adele Akan Mulai Konser di Las Vegas Tahun Depan

4. Dirilis mendadak, pakai metode SKS.

Para personel D
Para personel D'Cinnamons. (Istimewa).

Meski konsep dan lagunya sudah dibuat sejak natal tahun lalu, namun ide untuk dirilis baru tercetus November 2021 lalu. Para personel lagu menyukai sistem kebut semalam (SKS), dalam artian dikerjakan secara cepat mepet deadline. Bahkan video klipnya ini rencananya juga akan dibuat dengan metode SKS tersebut.

"Waktu November kemarin, saya bilang 'eh, kita rilis lagu yang tahun kemarin'. Ya udah, langsung digarap cepat," kata Nana.

"Sistem SKS itu seru loh Mas," kata Dodo sambil nyengir.

5. Lagu buat mereka yang kehilangan seseorang saat pandemi.

Dirilisnya lagu ini, D'Cinnamons berharap para pendengar yang juga mengalami kehilangan dari seseorang terkasih akibat pandemi Covid-19 ini terbantu dan turut mengobati rasa kesedihan mereka.

"Mudah-mudahan lagu ini bisa membantu buat mereka yang juga kehilangan seseorang karena pandemi. Bisa bantu buat healing dan mengobati rasa sedih mereka di momen natal," pungkas Bona.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US