The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kangen Band Ternyata Pernah Jadi Subyek Studi Profesor di Malaysia
Kangen Band. (ANTARA)
Music

Kangen Band Ternyata Pernah Jadi Subyek Studi Profesor di Malaysia

Kamis, 02 Juli 2020 17:26 WIB 02 Juli 2020, 17:26 WIB

INDOZONE.ID - Grup band asal Indonesia, Kangen Band ternyata pernah menjadi bahan penelitian oleh seorang profesor di Monash University, Malaysia.

Kangen Band pernah jadi subyek penelitian akademisi Emma Baulch yang merupakan seorang periset dan associate professor/profesor madya/lektor kepala Monash University, Malaysia.

Hal ini terungkap setelah jurnal akademis International Journal of Culture Studies muncul ke permukaan usai tweet "Tell Me Something I Don’t Know" diunggah oleh seorang pengguna Twitter. Penelitian tersebut bertajuk "Longing Band Play at Beautiful Hope."

Dalam penelitiannya, Emma menuliskan soal bagaimana masyarakat mengonsumsi lagu dan panggung Kangen Band.

Selain itu, Emma juga membahas bagaimana Kangen Band mendapatkan label pop Melayu yang dianggap sebagai pembeda kelas musik pop Indonesia di tahun 2000-an.

Emma juga membahas soal kehadiran lagu-lagu mereka di ruang publik seperti radio hingga sejumlah mal.

Album Tentang "Aku, Kau, dan Dia" (2007) sebelumnya sudah beredar luas dalam format bajakan. Di artikel itu, Kangen Band dinyatakan tidak memiliki imej yang bisa ditelusuri di awal karirnya.

Emma menilai video-video tak resmi mereka tidak menggambarkan siapa itu Kangen Band. Namun, kontrak dengan Warner Music Indonesia berhasil menguak siapa saja personel Kangen Band, lewat video-video klip yang diproduksi.

Dalam jurnalnya, Emma juga menyebut popularitas Kangen Band melejit juga berkat bantuan tren Ring Back Tone (RBT) yang hadir di awal 2000-an.

Berdasarkan data dari YouTube, video musik Kangen Band punya angka konsumsi yang terbilang besar. Kangen Band memberikan berkontribusi sebanyak 209 juta penonton di kanal resmi Warner Music Indonesia hingga saat ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US