Pasar Musik K-pop Meningkat 67% Dibanding Tahun Lalu, Enhypen dan Kep1er Tertinggi

- Kamis, 17 Februari 2022 | 13:10 WIB
Enhypen. (Instagram/@enhypen), Kep1er. (Twitter/@official_kep1er).
Enhypen. (Instagram/@enhypen), Kep1er. (Twitter/@official_kep1er).

Pasar Kpop  terus tumbuh tahun ini, dengan penjualan album meningkat 67% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Grup idol kpop yang berhasil meraih album tertinggi tersebut di antaranya Enhypen di posisi pertama dan Kep1er di posisi ketiga.

Menurut Kim Jin Woo yang dikutip dari Allkpop, kepala peneliti di Gaon Chart pada 17 Februari KST, penjualan album pada Januari tahun ini (berdasarkan 400 album teratas) adalah total penjualan 4.054.212 eksemplar, yang merupakan peningkatan 66,9% dibandingkan periode yang sama. dari tahun sebelumnya.

Secara khusus, album repackage penuh pertama ENHYPEN 'DIMENSION: ANSWER' naik ke puncak daftar penjualan bulanan dengan 723.478 eksemplar terjual. Peringkat berikutnya adalah album musim dingin SM Town ' 2021 Winter SMTOWN: SMCU Express' telah terjual 347.434 eksemplar, diikuti oleh 'First Impact' Kep1er dengan 300.000 eksemplar terjual.

"Mengingat bahwa penjualan di bulan Januari adalah yang terendah sepanjang tahun, ini merupakan peningkatan penjualan yang positif. Tampaknya ini merupakan hasil dari pertumbuhan pasar musik K-pop, yang telah tumbuh secara signifikan dibandingkan dengan sebelumnya," kata Kim Ji Woo.

-
Penjualan album Kpop di tahun ini. (Allkpop).

 

Baca Juga: Viral di TikTok, Lirik Lagu 'Fortune Cookie In Love' JKT48 Ternyata Kesan yang Mendalam

Bulan lalu, penggunaan streaming musik (berdasarkan 400 teratas) meningkat 0,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Melihat peringkat musik, "Drunken Confession" milik Kim Min Seok berada di posisi pertama. Di tempat kedua adalah "Merry-Go-Round" Sokodomo, diikuti oleh "Counting Stars" dan "Limousine" Be'O di tempat ketiga dan keenam, masing-masing.

"Penggunaan pasar musik bulan lalu hampir pada tingkat yang sama dengan periode yang sama tahun lalu."

 "Tren penggunaan pada semester pertama tahun ini juga diperkirakan akan menunjukkan tren yang sama seperti tahun lalu."

"Pada paruh kedua tahun ini, ada kemungkinan pasar musik akan rebound sekali atau dua kali saat kita mendekati akhir pandemi COVID-19."

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X