The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sepak Terjang Daft Punk, Ikon EDM yang Bubar Usai 28 Tahun Berkarya
Daft Punk (REUTERS/Danny Moloshok)
Music

Sepak Terjang Daft Punk, Ikon EDM yang Bubar Usai 28 Tahun Berkarya

Selasa, 23 Februari 2021 12:54 WIB 23 Februari 2021, 12:54 WIB

INDOZONE.ID - Daft Punk mengumumkan mereka bubar setelah 28 tahun berkarya di dunia musik internasional. Tak ayal, keputusan pionir musik elektronik dan pemenang Grammy ini mengagetkan banyak pihak.

Duo Prancis dengan ciri khas helm yang mirip penutup kepala robot ini terdiri dari Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo.

Cikal bakal Daft Punk berasal dari grup band bernama Darling yang dibentuk tahun 1992. Grup ini awalnya beranggotakan Laurent Brancowitz dan dua temannya, Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo.

Sayangnya, karya mereka mendapat komentar pedas dari pengamat musik Dave Jennings yang mengatakan musik mereka "daft punky thrash” alias sampah musik ala punk yang gila.

Band Darling akhirnya bubar dan Thomas serta Guy membentuk grup baru bernama Daft Punk yang terinspirasi dari hinaan Dave tadi.

Di grup baru ini, mereka mengubah genre musik menjadi electronic dance dan merilis "The New Wave" lalu "Da Funk" yang menduduki puncak tangga lagu dance Billboard.

Di masa awal kemunculan, duo ini konsisten menutupi wajah dengan topeng hingga kantong kertas, dan beralih menggunakan helm robot di tahun 2001.

Mereka mengarang cerita mengalami luka parah karena ledakan saat mengerjakan karya musik, dan harus menjalani operasi.

"Saat sadarkan diri, kami sudah menjadi robot," kata Bangalter.

Dilansir Billboard, penampilan mereka tak jarang mendapatkan kritikan pedas dari pengamat musik. Meski begitu, penampilan mereka di panggung tetap digilai publik.

Saat diundang di festival musik Coachella, mereka menggetarkan panggung yang berbentuk piramida dan dihiasi layar LED raksasa. Tidak lupa permainan cahaya yang membuat aksi mereka makin megah.

"Hasilnya sebuah penampilan audiovisual tanpa tandingan yang belum ada di dunia musik sebelumnya, dengan para penonton menyebutnya sebagai konser terbaik yang pernah mereka saksikan," tulis Variety kala itu.

Daft Punk sepanjang karirnya masuk 12 nominasi Grammy Awards dan memenangkan enam di antaranya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US