The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan dari Papua, Benarkan Lagu Pemberian Belanda?
Ilustrasi suku dari Papua. (Pixabay/@ianknabel66).
Music

Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan dari Papua, Benarkan Lagu Pemberian Belanda?

Netizen beri asumsi.

Selasa, 30 Juni 2020 17:44 WIB 30 Juni 2020, 17:44 WIB

INDOZONE.ID - Berkat cuitan @PapuaItuKita di media sosial Twitter yang mengatakan bahwa lagu Yamko Rambe Yamko bukan berasal dari daerah Papua, masyarakat Indonesia dibuat heboh.

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua. Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu. Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? orang Papua tidak tau & tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa Paksa jadi lagu Papua?" tulis akun tersebut.

Pernyataan tersebut didasari atas ketidaktahuan mengenai asal muasal lagu tersebut. Seperti yang diungkapkan Komika, Arie Kriting bahwa tak ada satupun suku di Papua yang memiliki bahasa yang serupa dengan lagu tersebut.

Saat menelusuri kolom komentar di unggahan IGTV Arie Kriting, terdapat salah satu komentar netizen yang menarik perhatian. Pemilik akun @devilia_mnuro berusaha menjelaskan tentang sejarah lagu Yamko Rambe Yamko.

"Menurut hasil diskusi saya dengan teman-teman yang mengikuti sosialisasi undang-undang musik Papua mengatakan bahwa memang benar lagu ini bukan berasal dari Papua. Melainkan sebuah hadiah yang diberikan Belanda pada salah satu ras di Papua yakni Melanesia," tulisnya dalam kolom komentar IGTV Arie Kriting, Selasa (30/6/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Arie Kriting (@arie_kriting) on


Singkat cerita, di zaman dahulu Belanda pernah berencana untuk menjadikan Papua sebagai negara mandiri dan terlepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kemudian lagu Yamko Rambe Yamko dijadikan sebagai lagu kebangsaan Ras Melanesia saat itu.

Namun, hingga saat ini masih belum ada pihak yang menjelaskan secara pasti mengenai kebenaran asal muasal lagu 'Yamko Rambe Yamko.' Bahkan pengamat musik Bens Leo yang juga mengarsip lagu daerah belum berani memberikan penjelasan tentang kebenaran kabar tersebut saat dihubungi Indozone.

"Saya belum punya data untuk itu. Tapi nanti saya akan cari juga," ujar Bens Leo saat dihubungi Indozone (30/6/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US