Lima Band Legendaris Ini Sukses Pukau Pecinta Musik Tanah Air
Vokalis Dream Theater, James LaBrie/Twitter @dreamtheater
Music

Lima Band Legendaris Ini Sukses Pukau Pecinta Musik Tanah Air

Masih banyak band yang kita tunggu kedatangannya

Selasa, 13 Agustus 2019 17:01 WIB 13 Agustus 2019, 17:01 WIB

INDOZONE.ID - Sejak kemerdekaan Indonesia diproklamirkan 74 tahun lalu, ratusan bahkan ribuan konser artis-artis mancanegara digelar di Tanah Air. Dari yang bergenre pop, rap, hip hop, jazz, rock hingga metal. 

Namun, jika kita hanya membatasi jenis musik rock dan metal, Indonesia cukup beruntung karena band-band berlabel papan atas bahkan legendaris pernah menjejakan kakinya di sini.  

Berikut Indozone suguhkan lima band legendaris yang pernah menggelar konser di Indonesia:  


1. Deep Purple

Deep Purple/Instagram @deeppurple
Deep Purple/Instagram @deeppurple

Deep Purple menjadi band rock pertama luar negeri yang konser di Indonesia. Bertempat di  Stadion Utama Senayan pada 1975, David Coverdale (vokal), Jon Lord (kibord), Glenn Hughes (bas), Ian Paice (drum), dan Tommy Bolin (gitar) tampil selama dua hari, 4 dan 5 Desember. Saat itu, band rock Indonesia God Bless didaulat sebagai pembuka.

Setelah 27 tahun, legenda hidup musik rock ini kembali menghentak Ibu Kota dalam konser di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada 30 April 2002. Kali ini dengan formasi Ian Gillan (vokal), Steve Morse (gitar), Don Airey (keyboard), Roger Glover (bass), dan Ian Paice (drum).

2. Sepultura

Sepultura/Instagram @bondebbythrash
Sepultura/Instagram @bondebbythrash

Dari ranah metal, Sepultura menjadi band beraliran musik keras pertama yang menggelar konser di Indonesia. Tak tanggung, konser digeber dua kali di Surabaya dan Jakarta pada Juli 1992 sebagai bagian dari promo album fenomenal 'Arise' yang dirilis setahun sebelumnya. 

Saat itu, band thrash metal asal Brasil ini  tampil dengan formasi terbaiknya; Max Cavalera (vokal), Andreas Kisser (gitar), Paulo Jr (bass), dan Igor Cavalera (drum). Penampilan mereka dibuka oleh band cadas tanah Air, Edane.

Dengan formasi berbeda; Andreas Kisser (gitar), Paulo Jr (bas), Derrick Green (vokal), dan Eloy Casgrande (drum), band yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'kuburan' ini kembali tampil dua kali di Indonesia pada November 2012. Di Kutai Kartanegara dan Jakarta. Yang pertama menandai  reuni mereka dengan Edane.  

3. Metallica 

Metallica/Twitter @metallica
Metallica/Twitter @metallica

Kedatangan Sepultura setahun sebelumnya, membuka gerbang band-band metal luar negeri yang datang ke Indonesia. Satu raksasa metal lainnya, Metallica yang saat itu digawangi James Hetfield (vokal, gitar), Kirk Hammet (gitar), Jason Newstead (bass), dan Lars Ulrich (drum) singgah ke Stadion Lebak Bulus Jakarta pada 10 dan 11 April 1993. Mendaulat band metal Rotor sebagai pembuka tirai pesta musik keras, konser relatif tertib dan para metalhead bernyanyi bersama di hampir semua lagu. Sayang, di luar stadion terjadi rusuh massa.

Metallica kembali ke Indonesia pada 25 Agustus 2013 dengan posisi Newstead yang sudah digantikan Rob Trujillo. Membawakan 18 lagu, Hetfield cs membakar semangan puluhan ribu penonton yang menjejali Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dengan usia awak band rata-rata mendekati setengah abad, termasuk Hetfield yang genap 50 tahun, penampilan penuh tenaga ini dipuji para penggemarnya.

4. Guns N' Roses

Guns N
Guns N' Roses/Twitter @gunsnnroses

Meski hanya menampilkan Axl Rose sebagai satu-satunya personel orisinal, Guns N' Roses tampil di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta pada 16 Desember 2012. Membayar tuntas penantian para penggemar mereka yang menantikan sejak era '90-an.

November 2018, band yang pernah dijuluki 'The Most Dangerous Band in the World' ini kembali hadir di Indonesia. Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan; tiga personel yang kembali bersatu sejak 2016 hadi dalam konser ini. Selama sekitar tiga jam, Guns N’ Roses memberikan penampilan klimaks yang membuat para penonton mencapai orgasme.

5. Dream Theater

Dream Theater/Twitter @dreamtheaternet
Dream Theater/Twitter @dreamtheaternet

Band yang digawangi James LaBrie (vokal), John Petrucci (gitar), John Myung (bass), Jordan Rudess (kibor), dan Mike Mangini (drum) ini sudah tiga kali tampil di Indonesia. Pertama, di MEIS Ancol pada 21 April 2012. Lalu, di Lapangan D Senayan pada 26 Oktober 2014. Yang terakhir, di perhelatan Jogjarockarta 2017. 

TAG
Riki Noviana
Riki Noviana
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU