The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sudah Tahu? Ternyata Ini 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Diakui UNESCO
Angklung, alat musik khas Indonesia yang terkenal di dunia. (Photo/Wikipedia)
Music

Sudah Tahu? Ternyata Ini 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Diakui UNESCO

Jumat, 13 Mei 2022 05:00 WIB 13 Mei 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Keberagaman Indonesia tidak hanya dari budaya dan suku, tetapi juga dari alat musiknya. Bahkan beberapa alat musiknya tradisional Indonesia telah diakui oleh dunia.

Ada 5 alat musik khas Indonesia yang telah dinobatkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan dunia. Apa saja itu?

1. Tifa

Tifa
Tifa. (Photo/Istimewa)

Salah satu alat musik khas Indonesia yang dianggap dunia adalah Tifa. Alat musik ini berasal dari bagian Timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua.

Persis dengan bahannya, alat musik ini bentuknya menyerupai gendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya.

Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Tifa juga telah diperkenalkan ke dunia melalui Festival fête de la musique 2021 yang digelar UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

2. Kolintang

Kolintang
Kolintang. (Photo/Istimewa)

Alat musik kedua yang telah diakui dunia, yakni Kolintang. Alat musik ini bahkan telah memecahkan rekor dunia Guinness World Records pada tahun 20019 setelah dimainkan oleh 1.223 orang.

Dari prestasi yang diraih itu, kolintang menjadi salah satu alat musik yang terkenal di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu, alat musik ini bahkan telah mendunia.

3. Sasando

Sasando
Sasando. (Photo/Wikipedia)

Sasandu atau Sasando merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara memetik dengan jari-jemari tangan. Sasando merupakan alat musik tradisional dari kebudayaan Rote.

Sasando juga menjadi alat musik khas Indonesia yang berasal dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando terbuat dari daun lontar, dan dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar.

Alat musik ini dikenal dunia setelah diperkenalkan ke Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Belanda, Italia, Finlandia, Jerman, hingga Taiwan berkat peserta ajang Asia's Got Talent 2015 asal Indonesia.

4. Angklung

angklung
(Photo/Wikipedia)

Alat musik lainnya yang menjadi salah satu alat musik tradisional yang telah mendunia. Alat musik ini dinobatkan UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Alat musik asal Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Agar menghasilkan bunyi yang indah, angklung harus dimainkan banyak orang, sebab angklung mewakili satu tangga nada.

5. Gamelan

Gamelan
Gamelan. (Photo/Wikipedia)

Alat musik khas Indonesia terakhir yang telah dikenal dunia adalah Gamelan. Alat musik ini terdiri atas gong, gangsa, gender, bonang, kenong, gambang, saron, celempung, dan lainnya.

Alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa, Sunda, dan Bali ini sudah diakui UNESCO sejak 2014. Bukan hanya di Indonesia, gamelan juga terkenal di beberapa negara lain seperti Inggris, Australia, dan Kanada.

Prestasi lainnya dari alat musik ini, bahkan telah masuk kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zealand.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US