The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejarah Musik 18 Januari: The Beatles untuk Pertama Kalinya Masuk Tangga Lagu Billboard
Cover singel I Wann Hold Your Hand, 1963 (Istimewa)
Music

Sejarah Musik 18 Januari: The Beatles untuk Pertama Kalinya Masuk Tangga Lagu Billboard

Selasa, 18 Januari 2022 19:33 WIB 18 Januari 2022, 19:33 WIB

INDOZONE.ID - Pada 18 Januari 1964, tepat hari ini 58 tahun yang lalu, grup musik asal Inggris The Beatles untuk pertama kalinya masuk tangga lagu populer Hot 100 Billboard melalui singel I Wanna Hold Your Hand.

Kala itu, lagu I Wanna Hold Your Hand bertengger di peringkat ke-45 dalam tangga lagu Hot 100, tangga lagu yang berisi 100 lagu populer di Amerika Serikat.

Sejak saat itu, lagu-lagu dari musisi Inggris, terutama The Beatles terus menginvasi industri musik Amerika Serikat. Puncaknya pada 1 Februari, I Wanna Hold Your Hand berada di posisi nomor satu Hot 100 Billboard selama tujuh pekan.

I Wanna Hold Your Hand merupakan lagu yang ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney pada 17 Oktober 1963. Lagu tersebut menjadi rekaman The Beatles pertama yang dibuat dengan menggunakan peralatan empat trek.

Sebelum merambah Amerika Serikat, lagu tersebut lebih dulu sukses di Inggris dengan angka penjualan yang mencapai satu juta kopi dan menduduki puncak tangga lagu Inggris di hari pertama perilisannya yaitu 29 November 1963.

I Wanna Hold Your Hand sukses menjadi singel The Beatles paling laris di seluruh dunia dengan penjualan yang mencapai lebih dari 12 juta kopi. Billboard menyebut lagu tersebut sebagai singel terbesar ke-48 sepanjang sejarah Hot 100.

the beatles
The Beatles (REUTERS)

Catatan rekor The Beatles

The Beatles merupakan grup musik dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah permusikan dunia dengan perkiraan penjualan sekitar 600 juta unit di seluruh dunia.

Berdasarkan perhitungan RIAA, The Beatles menjadi musisi yang menjual album paling banyak di Amerika Serikat. Selain itu, The Beatles juga menjadi musisi dengan penjualan album nomor satu terbanyak di UK Albums Chart (15).

Lalu single nomor satu terbanyak di tangga lagu Billboard Hot 100 (20), dan singel paling banyak terjual di Inggris (21,9 juta).

Selain mencatatkan rekor penjualan, The Beatles juga telah menerima banyak penghargaan seperti tujuh Grammy Awards, empat Brit Awards, Academy Award (untuk Best Original Song Score untuk film 1970 Let It Be) dan lima belas Ivor Novello Awards.

Pada tahun 2004 dan 2011 lalu, The Beatles memuncaki daftar artis terhebat dalam sejarah Rolling Stone. Selain itu, Majalah Time menyebut The Beatles di antara 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US