Kumpulan Lagu Tema Perang dan Kemanusiaan
Kumpulan lagu tentang kondisi perang dan kemanusiaan. Seperti yang pernah dibahas John Lennon dalam lagunya (Twitter/@johnlennon)
Music

Kumpulan Lagu Tema Perang dan Kemanusiaan

Mulai dari ajakana sampai sindiran secara sarkas

Senin, 13 Januari 2020 10:13 WIB 13 Januari 2020, 10:13 WIB

INDOZONE.ID - Konflik panas Iran dan Amerika Serikat masih terus menjadi sorotan. Para pengamat politik dunia khawatir hubungan buruk kedua negara tersebut akan memicu perang dunia ketiga.

Aksi demosntrasi digelar di berbagai warga negara. Tak terkecuali di negara Amerikat Sendiri.  Tak ketinggalan para musisi yang turut angkat suara. 

Kepedulian para musisi terhadap perang dan kemanusian sejatinya sudah terjadi sejak lama. Banyak lagu yang tercipta untuk menggambarkan buruknya peperangan, cita perdamaian, serta menjungjung nilai kemanusian di atas ego para pecinta perang.

Berikut ini adalah deretan lagu yang pernah ditulis para musisi dunia perihal peperangan dan kemanusiaan.

1. Imagine (John Lennon)

Lagu ini sarat dengan pesan politis yang dibunyikan dalam alunan melodi yang indah. John Lennon menggambarkan bahwa untuk mendapatkan perdamaian satu hal yang pertama harus dilakukan membayangkan. Salah satu hal yang harus dibayangkan adalah dunia akan menjadi indah bila tidak ada negara atau agama yang memisahkan kemanusiaan.

"Imagine all the people
Living life in peace
You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will be as one"

2. One (Metallica)

Lagu yang mengambil tema Perang Dunia I ini terinspirasi dari sebuah judul buku 'Johnny Got His Gun' karya Dalton Trumbo (1939). Lagu ini bercerita tentang seorang prajurit  yang kehilangan lengan dan kakinya setelah terkena bom. Lagu ini menceritakan tentang sisi psikologi dan perasaan akan kehidupan yang dialami sang prajurit.

"Landmine has taken my sight
Taken my speech
Taken my hearing
Taken my arms
Taken my legs
Taken my soul
Left me with life in hell"

3. Holiday (Green Day)

Green Day memiliki banyak lagu bertema perang. Salah satu lagunya adalah 'Holiday' yang bercerita tentang hubungan pemerintah Amerika Serikat dengan masyarakatnya saat terjadi perang Irak. Dimulai dengan komentar dengan kematian warga Amerika dan Irak tanpa dikenal siapa namanya. Lagu ini juga menyindir pemerintahan yang korup dan uang yang mengalir untuk mendanai peperangan. 

"Hear the sound of the falling rain
Coming down like an Armageddon flame (hey!)
A shame. The ones who died without a name

Hear the dogs howlin' out of key
To a hymn called faith and misery (hey!)
And bleed, the company lost the war today"

4. Zombie (The Cranberries)

Vokalis The Cranberries, mendiang Dolores O’Riordan menulis kisah tentang dua anak yang terbunuh karena bom IRA (Irish Republican Army) di wilayah Warrington, Irlandia pada 1993 silam. Lagu ini mendulang kontroversi karena liriknya sangat kental memukul banyak pihak terhadap kejadian tersebut. 

"In your head, in your head, they are fighting
With their tanks, and their bombs
And their bombs, and their guns
In your head, in your head they are crying
In your head, in your head
Zombie, zombie, zombie-ie-ie"

5. B.Y.O.B (System Of A Down)

Judul lengkapnya adalah 'Bring Your Own Booze,' sebuah lagu ciptaan System of a Down yang menyindir bisnis di balik peperangan dari pemerintah dan tentara Amerika saat Perang Irak dengan gaya sarkas. Ia menggambarkan bahwa para pemerintah dan tentara Amerika sedang berpesta di wilayah Timur Tengah untuk menggempur Irak. 

"Everybody's going to the party, have a real good time
Dancing in the desert, blowing up the sunshine."

6. The Unknown Soldier (The Doors)

Dalam lagu ini, Jim Morisson tengah Jim Morrison tentang bagaimana media memberitakan korban perang Vietnam di televisi. Para korban atau para tentara dipertontonkan di televisi sementara keluarga mereka yang tengah menyantap sarapan menerima berita tersebut. 

"Breakfast where the news is read
Television children fed
Unborn living, living, dead
Bullet strikes the helmet's head"

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU