The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kekeyi Dituding Jiplak Lagu, Pengamat Jelaskan Bedanya Jiplak dan Aransemen Lagu
Kekeyi. (Instagram/@rahmawatikekeyiputricantikka23)
Music

Kekeyi Dituding Jiplak Lagu, Pengamat Jelaskan Bedanya Jiplak dan Aransemen Lagu

Ini penjelasannya.

Selasa, 02 Juni 2020 11:05 WIB 02 Juni 2020, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, selebgram Kekeyi merilis single dengan judul 'Keke Bukan Boneka'. Lagu tersebut berhasil trending di youtube, dan menggeser video Lady Gaga dan BLACKPINK dan Baekhyun EXO.

Namun, lagu yang dibawakan Kekeyi diduga mirip dengan lagu 'Aku Bukan Boneka' yang sempat dipopulerkan penyanyi Rinni Wulandari atau yang akrab dikenal Rinni Idol beberapa tahun silam.

Menurut pengamat musik Mudya Mustamin, jiplak dengan aransemen atau mendaur ulang lagu memiliki makna yang berbeda. Ada perbedaan yang bisa dikategorikan menjiplak atau mengaransemen lagu.

"Jiplak itu kan copy paste. Sedangkan aransemen ulang itu berati melakukan proses membuat aransemen yang berbeda dibanding lagu aslinya," kata pengamat musik yang juga menjadi juri di AMI Awards kepada Indozone, Selasa  (2/6/2020).

Kekeyi Dituding Jiplak Lagu Rinni Idol, Pengamat: Bedakan Jiplak dan Aransemen Lagu
Kekeyi. (Instagram/@rahmawatikekeyiputricantikka23)

Lebih lanjut Mudya menjelaskan, aransemen lagu biasanya disesuaikan karakter artis yang akan mengaransemen ulang lagu tersebut, dan lain halnya dengan menjiplak.

"Jiplak biasanya tanpa izin. Kalau aransemen ulang dan dipublikasikan untuk kepentingan komersil biasanya sepengetahuan artis, pencipta dan publisher lagu tersebut," ujarnya.

Ia belum bisa memastikan apakah lagu Kekeyi merupakan jiplakan atau tidak. Karena menurutnya, eksplorasi musik semakin rumit untuk menentukan lagu jiplakan.

"Iya gw nggak tau persis patokannya. Apakah bar atau jumlah not tertentu. Takut salah ngomong. Makin ke sini kan eksplorasi musik makin rumit dan banyak crossover jadi makin sulit menentukan jiplakan, bahkan kalau mirip ada juga yang ngakunya 'terinspirasi'. Nah itu bisa mematahkan tuduhan menjiplak" terangnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US