The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terinspirasi BTS, Komunitas Army Help Center Rilis Buku Tema Kesehatan Mental & Self-Love
Grup kpop BTS (Twitter/bts_bighit), buku rilisan komunitas Army Help Center (Instagram/@bts_ahc).
Music

Terinspirasi BTS, Komunitas Army Help Center Rilis Buku Tema Kesehatan Mental & Self-Love

Buku 'A Healing Corner'

Selasa, 31 Mei 2022 13:26 WIB 31 Mei 2022, 13:26 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu komunitas penggemar BTS di Indonesia, Army Help Center (AHC) baru-baru ini merilis sebuah buku bertema self-improvement bertajuk 'A Healing Corner'. Buku ini ditujukan berisi tentang proses menyembuhkan diri yang terinspirasi dari para member BTS.

Seperti yang diketahui, Tak hanya memanjakan penggemarnya dengan musik, grup Kpop BTS (Bangtan Sonyeondan) konsisten memasukkan tema healing dan self-improvement dalam musiknya. Hal inilah yang membantu para Army yang mengalami isu dengan kesehatan mental perlahan bangkit.

Saat dihubungi Indozone, Sharon selaku leader dari AHC dan memilik latar psikologi menceritakan cikal bakal perilisan buku tersebut. 

"Buku ini udah kita rencanakan sejak dua tahun lalu, cuma baru bisa terlaksana sekarang karena Penerbit Ikon menggandeng kami. Kebetulan saat pandemi kasus terkait kesehatan mental juga meningkat kan ya kak jadi awalnya kita juga mau kontribusi untuk audience kita di sosial media setidaknya bisa membantu meringankan beban di masa sulit. AHC memberikan layanan pendampingan psikologi lewat DM Twitter," kata Sharon lewat pesan langsung via Instagram.

"Belakangan banyak sekali narasi tentang 'Healing' dan 'Self-love' cukup bergeser maknanya yg mana membuat kami terdorong untuk memberikan perspektif yang sesuai juga makanya kami memberanikan diri untuk menulis dan merilis buku ini," tambahnya.

Buku 'A Healing Corner' ini juga banyak mengandung ajakan positif tentang bagaimana menolong dan mengembagkan diri sendiri dari isu kesehatan mental. 

Baca Juga: BTS Resmi Umumkan Tracklist yang Bakal Masuk Album 'Proof', 'Born Singer' Jadi Pembuka

"Buku ini lebih ke self help dan self improvement yang membahas tentang healing, self love dan kesehatan mental sejalan dengan pesan positif yang konsisten dibagikan oleh BTS," jelas Sharon.

"Mulai dari pemaknaan healing, berbagai latihan interaktif yang terinspirasi dari style healing BTS, lalu cerita-cerita perjalanan audience kami untuk pulih sampai info hotline layanan psikologi juga ada di buku ini yg harapannya bisa membantu pembaca untuk lebih mengenal diri sendiri dalam berproses."

Salah stau kegiatan yang diikuti Komunitas Army Hel Center. (Instagram/BTS_ahc).
Salah satu kegiatan yang diikuti Komunitas Army Hel Center. (Instagram/BTS_ahc).

Beberapa lirik dan tema yang diangkat, BTS sangat vokal dalam urusan mengangkat kesehatan mental.

Trilogi album 'Love Yourself' banyak membahas tentang perjalanan mereka mencintai diri sendiri, serta album Map of The Soul berisi ekspresi diri mereka dalam upaya menemukan dan mengenal diri. Terakhir di saat pandemi dalam album BE mereka banyak berbagi bagaimana mereka menjalani masa sulit pandemi.

"BTS cukup vokal dalam menyuarakan isu kesehatan mental ya kak. Melalui musik mereka, project bahkan kerjasama mereka dengan Unicef dan pesan baik mereka di PBB selalu di setiap kesempatan. Hal ini juga karena pengalaman pribadi dari member BTS yaitu Suga dan RM yang sempat berjuang melawan depresi di awal karir mereka. Jadi apa yang mereka sampaikan berasal dari pengalaman pribadi yang hingga saat ini banyak sekali yang merasa terbantu atau 'terselamatkan' hidupnya," tutur Sharon. 

AHC sendiri tak hanya berfokus dengan mengidolakan grup Kpop semata, namun juga turut menyuarakan apa yang dilantunkan BTS dalam lirik-liriknya. 

"Kami juga bersyukur karena hal baik ini membantu army juga untuk lebih paham dan sadar akan pentingnya kesehatan mental. Adanya AHC juga karena hal ini yang harapannya bisa meneruskan pesan baik BTS kepada lebih banyak orang." pungkas Sharon.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US