Ini Cara Musisi Korban Kejahatan Seksual Ungkapkan Perasaannya
Deretan Lagu Bertema Kejahatan Seksual, salah satunya dari Lady Gaga (Youtube)
Music

Ini Cara Musisi Korban Kejahatan Seksual Ungkapkan Perasaannya

Deretan Lagu yang ditulis korban kejahatan seksual

Selasa, 07 Januari 2020 12:07 WIB 07 Januari 2020, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Nama Reynhard Sinaga mencuat ke permukaan publik setelah dirinya divonis bersalah dalam kasus pemerkosaan dan kejahatan seksual. Pengadilan Inggris menjatuhkan hukuman seumur hidup karena menipu para korban sebelum akhirnya diperkosa.

Tentu kasus pemerkosaan, baik terhadap pria maupun wanita, selalu meninggalkan noda hitam dalam kehidupan mereka. Tak jarang korban mengalami trauma, bahkan depresi seperti yang dialami para korban dari Reynhard Sinaga, maupun pelaku kejahatan seks di luar sana.

Tak terkecuali para musisi yang pernah mengalami kejahatan seksual. Salah satu cara mereka memahami apa yang mereka alami adalah dengan menulis lagu. 

Lagu dengan lirik yang tepat merupakan sarana untuk lepas dari rasa sakit sekaligus untuk mengetuk para pendengarnya agar memahami apa yang dirasakan korban pemerkosaan. Berikut ini adalah beberapa lagu bertema yang dapat membantu para korban kejahatan seksual untuk tetap melanjutkan hidup dan lepas dari trauma.

'Till it Happens to You' - Lady Gaga

Lagu ini ditulis oleh Lady Gaga sebagai lagu pendukung dalam film dokumenter 'The Hunting Ground.' Sebuah dokumenter yang menceritakan tentang korban perkosaan di beberapa kampus Amerika. 

Lady Gaga juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya adalah korban pemerkosaan semasa waktu muda. Dalam lagu ini ia ingin mengatakan kita semua baru bisa merasakan rasa trauma para korban kejahatan seksual setelah kita juga mengalaminya.

"Till your world burns and crashes. Till you're at the end, the end of your rope. Till you're standing in my shoes; I don't wanna hear a thing from you, from you, from you. 'Cause you don't know."

 'Me And A Gun' - Tori Amos 

Lagu ini adalah lagu debut pertama dari Tomi Amos yang tampil tanpa instrument pengiring. Hanya suara vokal yang menegaskan akan kesendiriannya dan refleksi diri setelah menjadi korban penculikan dan pemerkosaan.

Tori Amos sendiri pernah menjadi pemerkosaan saat berusia 20 tahun. Lewat lagu ini ia menceritakan apa yang pernah ia alami dengan cara yang membuat semua orang merinding. 

"It was me. And a gun. And a man. On my back. And I sang Holly Holy as he buttoned down his pants."

'Daddy' - Korn 

Vokalis dari Korn pernah mengatakan bahwa ia pernah mengalami pencabulan semasa kecilnya. Namun ia menolak untuk mengatakan bahwa ayahnya sendiri yang melakukan. 

"You've raped!. I feel dirty. It hurt!. As a child. Tied down!. That's a good boy. And fucked!
Your own child. I scream!. No one hears me. It hurt!. I'm not a liar. My God!. Saw you watching. Mommy why?! Your own child."

'Praying' - Kesha 

Lagu yang ditulis Kesha ini terdengar sangat depresi. Banyak yang meyakini bahwa lagu ini ditulis Kesha setelah ia berseteru dengan kolaboratornya, Dr. Luke karena pernah melakukan kejahatan seksual kepadanya. 

"Cause you brought the flames and you put me through hell. I had to learn how to fight for myself. And we both know all the truth I could tell. I'll just say this is I wish you farewell."

Artikel menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU