1975 dan Billie Eilish Dongkrak Penjualan Kaset 

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 10:56 WIB
Ilustrasi kaset/Pixabay
Ilustrasi kaset/Pixabay

Kaset kembali menjadi primadona di industri musik saat ini. Bukti paling anyar, band 1975 dan Billie Eilish memuncaki daftar baru penjualan kaset terlaris di Inggris, tertinggi dalam 15 tahun.

Menyusul kebangkitan vinyl (piringan hitam) baru-baru ini, banyak penggemar musik vintage yang juga kembali memilih tape sebagai media untuk mendengarkan musik.

Menurut laporan baru dari Official Charts Company, popularitas album dalam bentuk kaset milik 1975 dan Billie Eilish terus meningkat.

Sesuai angka resmi, penjualan kaset terbesar pada tahun ini dipegang album ‘When We All Fall Asleep, Where Do We Go?' dari Billie Eilish. Kaset ini terjual 4.000 keping.

Ini merupakan penjualan tertinggi sejak 2004. Yang ironisnya, kaset dianggap sudah tidak berfungsi lagi ketika Billie yang berusia 17 tahun lahir pada 2001

Sementara penjualan album ‘A Brief Inquiry Into Online Relationships‘ dari 1975  terus mengalami peningkatan hingga ke angka 8.000 keping, di mana 7.000 di antaranya terjual pada pekan pertama perilisannya.

Angka-angka ini menjadikannya sebagai penjualan terlaris dalam format retro sejak Juli 2002, dan penjualan terlaris kaset selama satu dekade (sejak 2010).

Di belakang Matty Healy dkk, ada soundtrack 'Guardians of the Galaxy di posisi kedua dan keempat, disisipi oleh 'Golden' dari Kylie Minogue di posisi tiga. Sementara Billie Eilish sendiri sukses menempati posisi kelima.

Bergabung dengan sang bintang pop dalam daftar 10 besar kaset paling top 2019 adalah Catfish and the Bottlemen, Madonna, Prodigy, Charles Aznavour, dan album Kylie Minoque lainnya, 'Step Back In Time - The Definitive'.

Jika dibandingkan jumlah keseluruhan produksi album rekaman fisik yang meliputi vinyl dan CD, sumbangsih kaset memang masih terbilang kecil. Dari data yang dilansir dari Nielsen Music pada 2017, hanya sekitar 0,17 persen. Wajar, karena produksi ulang vinyl sudah lebih dulu ketimbang kaset, sejak 1991.

Tapi tak bisa dipungkiri, tidak sedikit insan musik yang mulai melirik dan merilis format kaset secara resmi. Termasuk band dan artis Indonesia.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X