The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

BTS Tetap Wajib Militer, Penghargaan Internasional Tak Bisa Jadi Alasan Bebas Wamil
BTS berpose di karpet merah Grammy Awards 2022 (REUTERS/Maria Alejandra Cardona)
Music

BTS Tetap Wajib Militer, Penghargaan Internasional Tak Bisa Jadi Alasan Bebas Wamil

Sabtu, 14 Mei 2022 16:26 WIB 14 Mei 2022, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Kim Yong-Moo, perwakilan dari pihak Administrasi Tenaga Kerja Militer menyatakan bahwa penghargaan internasional yang diterima BTS tidak bisa dijadikan alasan pembebasan mereka dari aturan wajib militer.

Bukan tanpa alasan, menurut dia, penghargaan yang diterima BTS selama ini tidak diberikan berdasarkan kriteria penilaian tertentu melainkan berdasarkan suara penggemar atau dalam beberapa kasus terkait penjualan album.

Jadi, ada perbedaan yang besar antara penghargaan tersebut dengan penghargaan yang dianggap dapat digunakan untuk memberikan pengecualian wajib militer saat ini, demikian dilansir All Kpop.

Diketahui, pemerintah Korea mengizinkan atlet nasional yang memenangkan medali di Olimpiade atau Asian Games untuk tidak melaksanakan wajib militer karena prestasi tersebut dianggap sebagai kontribusi untuk mengangkat prestise negara di internasional.

Tidak hanya itu, beberapa musisi juga bisa dibebaskan dari wajib militer jika berhasil memenangkan penghargaan internasional tertentu.

Sebelumnya, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Hwang Hee merasa bahwa BTS perlu dipertimbangkan untuk masuk dalam pengecualian wajib militer karena prestasi mereka di internasional.

Selain itu, dalam rapat kabinet resmi baru-baru ini, anggota parlemen yang mengajukan RUU pembebasan wajib militer, Sung II-Jong mengungkapkan bahwa BTS telah menerima dua penghargaan internasional bergengsi yaitu American Music Awards dan Billboard.

Penghargaan tersebut dinilai bisa meningkatkan prestise Korea di mata internaional. Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk membebaskan personel BTS dari aturan wajib militer.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US