The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Musik Angklung Bisa Pacu Seseorang untuk Aktif Berkarya
Motivator angklung Joko Angklung Nugroho. (photo/ANTARA/HO-Kemnaker)
Music

Musik Angklung Bisa Pacu Seseorang untuk Aktif Berkarya

Minggu, 20 Juni 2021 15:38 WIB 20 Juni 2021, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Motivator angklung Joko Angklung Nugroho mengatakan bahwa musik kreatif angklung yang dihasilkan dari alat musik tradisional itu mampu memotivasi keinginan seseorang untuk berkarya.

“Angklung ini lengkap, bisa menjadi hiburan dan bisa menjadi pertunjukan. Seseorang akan lebih mudah menerima pesan apabila mendengar musik yang membuatnya nyaman di sela waktu belajar misalnya," kata Joko Angklung Nugroho dalam keterangannya, Sabtu.

Menurut Joko, musik kreatif angklung efektif diberikan ketika istirahat, atau bahkan jadi salah satu isi acara di sebuah workshop yang memiliki pembahasan berat.

Misalnya yang sedang dilakukan dalam pembekalan untuk para petugas pengantar kerja pusat yang bertugas melakukan kegiatan pelayanan antarkerja, meliputi penyajian data pelayanan antar kerja dan data pendukungnya.

Dalam pembekalan yang dilakukan tiga hari di Bogor itu, media angklung motivasi diberikan sebagai jeda dalam penyampaian materi yang serius.

"Aktivitas yang cenderung 'bermain' meniadakan kesan diceramahi apalagi digurui. Pelatihan ini menjadi terasa sebuah hiburan atau malah dianggap pertunjukan. Kesan ini tidak mengurangi bobot pelatihan, tetapi nilai lebih karena peserta nyaman sementara pesan-pesan dan muatan materi tetap tersampaikan dengan efektif,” ujarnya.

Dengan media angklung motivatisi ini diharapkan bisa menunjukkan, bahwa harmoni kerja bisa tercipta saat semua peserta mengetahui apa peranannya di setiap unit kerja.

"Yang tak kalah penting, pemimpin perubahan harus tahu untuk mengarahkan semua orang agar harmoni tersebut bisa tercipta,” kata Joko dalam motivasinya.

Angklung motivasi juga akan semakin efektif jika dirangkai dengan sesi lain seperti misalnya memasak dan olahraga sebagai kegiatan pelengkap.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US