The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Konspirasi yang Pernah Melanda Nama Musisi Dunia, Ada yang Jadi Kenyataan
Kurt Cobain dan Courtney Love. (Biography.com)
Music

5 Konspirasi yang Pernah Melanda Nama Musisi Dunia, Ada yang Jadi Kenyataan

Rabu, 26 Januari 2022 18:33 WIB 26 Januari 2022, 18:33 WIB

INDOZONE.ID - Musik merupakan hiburan yang cukup banyak digemari masyarakat luas. Hampir semua kalangan menyukai hiburan yang satu ini, lantaran musik di setiap kalangan juga tersedia. Tak jarang bagi semua orang mengikuti tren musik dan update dengan perkembangan musik masa kini.

Namun selain menyajikan hiburan, musik juga bisa berperan sebagai media informasi yang memberikan kabar kepada masyarakat luas. Bahkan melalui musik beberapa informasi yang belum terjadi bahkan bisa diramalkan lewat sebuah karya. Berikut ini, 5 konspirasi yang pernah diungkap lewat karya musik.

Baca Juga: Jon Platt Akan Berpartisipasi Menjadi Keynote Music Biz 2022

1. Supertramp meramalkan kejadian 9/11

Musisi yang dilanda konspirasi
Sampul Album Supertramp. (Wikipedia)

Supertramp adalah band asal Inggris yang berdiri sejak tahun 1970. Band ini pernah merilis sebuah album yang bertajuk "Breakfast in America" dimana sampul albumnya menjadi perhatian.

Sampul tersebut meramalkan bahwa bakal terjadi sebuah serangan terorisme di New York pada 11 November 2001. Sampul tersebut menunjukkan perspektif jendela pesawat dengan kota New York dan menara kembar WTC sebagai latar belakang.

Ahli teori konspirasi mengatakan bahwa gambar dibalik huruf "U" dan "P" dari nama band akan membentuk tulisan 911 di atas menara kembar. Makna kata breakfast mengartikan bahwa serangan akan terjadi pada pagi hari.

2. Courtney Love membunuh Kurt Cobain

Musisi yang dilanda konspirasi
Kurt Cobain dan Courtney Love. (Biography.com)

Courtney Love dan Kurt Cobain menikah pada tahun 1992 setelah empat bulan berpacaran. Dalam catatan resmi, Cobain dinyatakan bunuh dirinya sendiri para tahun 1994 setelah menderita depresi.

Ahli teori konspirasi, Tom Grant menyatakan bahwa Courtney bertanggung jawab atas kematian suaminya. Hal ini dikarenakan Cobain yang dipengaruhi oleh herion tidak mungkin mampu memegang pelatuk. Tuduhan itupun semakin kuat lantaran banyak penggemar Cobain yang heran lantaran sikap sang istri merilis lagu beberapa hari setelah suaminya meninggal dunia. Tuduhan itupun berujung dengan kesimpulan bahwa Courtney menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi suaminya karena perceraian sudah di depan mata.

3. Stevie Wonder tidak buta

Musisi yang dilanda konspirasi
Stevie Wonder. (Biography.com)

Nama Stevland Hardaway sempat dilanda konspirasi karena banyak yang menganggap musisi tersebut tidaklah buta. Pada tahun 2014, sebuah video beredar memperlihatkan seseorang seperti Stevie yang menangkap mikrofon karena tak sengaja jatuh di atas panggung.

Konspirasi tersebut pun semakin diperkuat dengan pernyataan bahwa Stevie mampu menulis lagu-lagu yang mendeskripsikan pemandangan, dimana hal tersebut harusnya hanya mampu dilakukan oleh orang yang bisa melihat saja.

4. Rihanna anggota Illuminati

Musisi yang dilanda konspirasi
Rihanna yang diduga anggota Illuminati. (Time)

Rihanna sempat menjadi bagian dari konspirasi yang menyebutnya adalah anggota dari Illuminati. Desas-desus tersebut dimulai pada tahun 2012 ketika Rihanna mendapatkan tato silang miring di lehernya. Salib diagonal ini menjadi simbol freemason, yang menjadi simbol bahwa dirinya pengikut Illuminati.

Penyanyi asal Barbados itu pun mendapaykan protes dari 30 kelompok agama untuk menentang Freemasonry. Namun, Oumar Diagne, juru bicara Rihanna mengatakan bahwa jika sang penyanyi memang anggota Illuminati mengapa ia tidak menyembunyikan bahwa ia seorang Illuminati. Hal ini merujuk pada simbol-simbol yang ditampilkan Rihanna pada video klipnya Umbrella yang diisi dengan piramida.

5. Jimi Hendrix dibunuh manajernya

musisi yang pernah terkena konspirasi
Jimi Hendrix. (Billboard.com)

Nama Jimi Hendrix dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu asal Amerika dengan gaya permainan gitar listriknya. Ia menjadi musisi yang paling terkenal selama abad ke-20.

Hendrix meninggal pada September 1970 karena tersedak muntahannya sendiri. Pemeriksaan mayat menunjukkan perutnya dipenuhi dengan barbiturat, juga dikenal sebagai obat pemicu tidur atau pelemas otot.

Kematian Hendrix dianggap sebagai kecelakaan tragis sampai James “Tappy” Wright memberikan penjelasan yang berbeda. Wright menjelaskan bahwa manajer Hendrix, Michael Jeffery, membunuh sang gitaris tersebut. Wright mengklaim Jeffery mencekok paksa obat-obatan itu kepada Hendrix sehingga ia bisa mengeklaim asuransi jiwa.

Wright menjelaskan bahwa Jeffrey takut akan diganti dengan manajer baru dan juga merupakan penerima polis asuransi jiwa Hendrix senilai 2 juta Dollar AS.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US