The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kabar Buruk untuk Penggemar K-Pop, Lagu-lagu Korea Hilang dari Spotify
Ilustrasi platform musik Spotify. (Pixabay)
Music

Kabar Buruk untuk Penggemar K-Pop, Lagu-lagu Korea Hilang dari Spotify

Senin, 01 Maret 2021 16:11 WIB 01 Maret 2021, 16:11 WIB

INDOZONE.ID - Lagu-lagu Korea tiba-tiba hilang dari platform musik Spotify. Tentu ini menjadi kabar buruk atau kabar yang tidak ingin didengar oleh para penggemar K-Pop. Mereka pun bertanya-tanya, apa penyebab hilangnya lagu-lagu tersebut?

Hilangnya ratusan lagu-lagu Korea itu disebut-sebut merupakan buntut perseteruan Kakao M dengan Spotify. Pihak Spotify mengatakan meski mereka berusaha keras selama 1,5 tahun terakhir, mereka gagal memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M yang berujung kepada dihapusnya semua lagu yang didistribusikan label besar Korea.

Sementara itu, Kakao M mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa pihak yang memilih tidak memperpanjang kesepakatan justru Spotify, meski Kakao M telah memintanya.

Kakao sendiri mengaku sudah bernegosiasi apakah katalog musiknya bakal tersedia di Korea, dan kesepakatan yang berakhir adalah masalah yang terpisah dan tidak berhubungan.

"Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk penyediaan musik," kata Kakao M.

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan. Tablo dari grup Epik High menulis hilangnya musik-musik Kpop merupakan buntut perselisihan pendapat antara perusahaan Korea dan Spotify.

"Tampaknya perselisihan antara distributor kami Kakao M & Spotify telah membuat album baru kami Epik High Is Here tidak tersedia secara global di luar keinginan kami. Terlepas siapa yang salah, mengapa artis dan penggemar yang menderita ketika bisnis mengedepankan keserakahan di atas seni?" demikian pernyataan Spotify.

Adapun rilisan lagu yang tidak bisa lagi didengarkan di platform tersebut yaitu IU, Chery Bullet, GFriend, Mamamoo, CL dan Nu'est. Kakao M diketahui mendistribusikan banyak lagu populer Korea, di mana 37,5 persen lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 tahun 2020 dari Gaon Music Chart.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US