The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Riwayat Hidup Kunto Aji, Pelantun 'Terlalu Lama Sendiri' dengan Segudang Ide Luar Biasa!
Kunto Aji. (Instagram/kuntoajiw)
Music

Riwayat Hidup Kunto Aji, Pelantun 'Terlalu Lama Sendiri' dengan Segudang Ide Luar Biasa!

Senin, 26 September 2022 09:30 WIB 26 September 2022, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Siapa lagi yang tidak kenal dengan Kunto Aji, pelantun lagu Terlalu Lama Sendiri. Penyanyi yang berusia 35 tahun ini nantinya akan memeriahkan pagelaran Your Voice Matters yang dilaksanakan di Malang.

Your Voice Matters merupakan pagelaran yang dilaksanakan oleh Indozone bekerja sama dengan Y20 dan Ideafest serta berbagai komunitas.

Pagelaran ini merupakan acara roadshow untuk memberikan ruang kreatif dan berbicara kepada generasi muda di seluruh Indonesia untuk Share, Speak, Act bagi komunitas serta brand untuk terhubung dan berkolaborasi secara langsung.

Di balik acara itu, Kunto Aji akan menjadi salah satu musisi yang memeriahkan acara tersebut. Nah, sebelum itu, mari kita simak profil singkat dari Kunto Aji!

Awal Karir dari Indonesian Idol

Kunto Aji
Kunto Aji. (Instagram/kuntoajiw)

Kunto Aji sendiri merupakan musisi yang mengawali karirnya di dunia entertainment dari ajang pencarian bakat Indonesia Idol musim ke-5 tahun 2008.

Selepas dari Indonesian Idol, Kunto Aji kemudian fokus untuk kuliah di jurusan Akuntansi. Ia pun lulus dari Akademi YKPN Yogyakarta pada tahun 2008.

Baca juga: Kunto Aji Sebut Keluarga Tak Harus Sedarah dalam Comeback Terbarunya ‘Salam Pada Rindu’

Debut Lagu

Kunto Aji
Kunto Aji. (Instagram/kuntoajiw)

Kunto Aji pertama kali debut pada tahun 2014 dan memberanikan dirinya untuk merilis single berjudul Terlalu Lama Sendiri dengan labelnya sendiri.

Ia juga mempromosikan lagunya itu dari kenalan hingga teman-temannya lewat radio. Tapi tak disangka, lagunya itu viral dan membuat namanya sangat dikenal di industri musik.

Setelah itu dia terus membuat single kedua berjudul Pengingat, termasuk berkolaborasi dengan bassist berbakat Indonesia, Barry Likumahuwa.

Album Pertama

Kunto Aji
Kunto Aji. (Instagram/kuntoajiw)

Kunto Aji kemudian merilis albumnya yang bertajuk Generation Y pada tahun 2015. Lagu utama dari album ini adalah Terlalu Lama Sendiri dan Pengingat yang dirilis di tahun yang sama.

Sementara tujuh lagu lainnya, ada Suara, Mercusuar, Akhir Bulan, Gema, Buka Buka Buka, Amatiran, dan Ekspektasi. Di pertengahan 2017, Kunto Aji pun bergabung dengan Juni Records, label rekaman yang dipimpin Raisa Andriana.

Label rekaman yang awalnya menaungi Raisa dan Barasuara ini akhirnya semakin ramai berkat bergabungnya Kunto Aji. Dia juga merilis single Konon Katanya pada tahun 2017.

Baca juga: 3 Musisi Semesta Records Satu Panggung Bareng Kunto Aji di Bergandeng Bersama Semesta 

Penghargaan

kunto aji
Anggung C Casmi dan Kunto Aji. (Instagram/kuntoajiw)

Selama berkarya di industri musik tanah air, Kunto Aji sudah mendapatkan banyak penghargaan. Termasuk di tahun 2015 sebagai Indonesian Choice Awards.

Dia juga masuk beberapa nominasi, Song of the Year lewat lagu Terlalu Lama Sendiri, Male Singer of the Year, dan Breakthrough Artist of the Year.

Pada 2016, Kunto Aji mendapatkan penghargaan Lagu Terbaik Indonesia pada Anugerah Planet Musik Award di Singapura. Di 2019, dia juga masuk nominasi Penyanyi Pria Solo Pop Terbaik pada ajang Anugerah Musik Indonesia.

Nah, setelah berkenalan singkat dengan Kunto Aji jangan lupa untuk datang di Your Voice Matters nanti ya. Acaranya akan dilaksanakan di Malang pada 28 September, tepatnya di Dome UMM, Malang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US