The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pencipta Lagu 'Joko Tingkir' Minta Maaf: Gak Tahu Soal Ulama, Janji Bakal Ubah Lirik
Pencipta lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' meminta maaf. (Youtube/Tama Halu 008).
Music

Pencipta Lagu 'Joko Tingkir' Minta Maaf: Gak Tahu Soal Ulama, Janji Bakal Ubah Lirik

Jumat, 19 Agustus 2022 14:32 WIB 19 Agustus 2022, 14:32 WIB

INDOZONE.ID - Lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' baru-baru menimbulkan polemik dan diperdebatkan berbagai kalangan pemuka agama. Buntut dari polemik tersebut, sang pencipta lagu meminta maaf. 

Seperti yang diketahui, 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' diprotes lantaran mencatut nama Joko Tingkir dikenal sebagai ulama dan tokoh pendiri kerajaan Islam Pajang. Bahkan organisasi Nahdatul Ulama (NU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut sosok ulama tak pantas dijadikan parodi.

Melalui video dari kanal YouTube-nya Tama Halu 008, pencipta lagu Joko Tingkir dalam channel meminta maaf. 

"Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya Kepada masyarakat Lamongan dan pihak-pihak yang tersinggung atau kurang berkenan karena saya telah membuat lirik menggunakan nama Joko Tingkir. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata sang pencipta lagu tersebut.

Dalam video itu ia mengaku tidak tahu menahu bila sosok yang ia sebutkan adalah ulama besar.

"Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena kekurang-ketidaktahuan saya, ketidakpahaman saya di balik nama Joko Tingkir ini adalah sosok seorang ulama besar dan dihormati di Jawa," sambungnya.

Untuk meredam kontroversi tersebut, ia pun sudah mengganti lirik lagu ciptaannya tersebut.

"Saya mohon maaf. Tidak ada niatan saya melecehkan nama beliau. Saya akui karena saya tidak tahu dan kurang paham di balik sosok nama besar beliau. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya juga di channel saya, saya sudah mengubah liriknya tidak menggunakan Joko Tingkir lagi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat meminta Farel Prayoga membawakan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet di Istana Merdeka. Sayangnya lagu tersebut batal untuk dibawakan.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US