Hiroaki Kato dan Arina ‘Mocca’ Rilis Singel Terjemahan “Nada Sousou”
(Photo/Yoshimoto Kreatif Indonesia)
Music

Hiroaki Kato dan Arina ‘Mocca’ Rilis Singel Terjemahan “Nada Sousou”

Duet pasangan suami istri

Selasa, 03 Desember 2019 14:26 WIB 03 Desember 2019, 14:26 WIB

INDOZONE.ID - Setelah menikah pada Agustus lalu, pasangan musisi Hiroaki Kato dan Arina Ephipania tentu lebih banyak melakukan kegiatan bersama, khusunya dalam hal bermusik. Salah satu bukti kebersamaan itu adalah dirilisnya single duet berjudul “Nada Sousou.” Sebuah lagu dari grup musik asal  Okinawa, Jepang bernama Begin, yang kemudian liriknya diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.


Saat ditemui Indozone pekan lalu, musisi berdarah Jepang yang akrab dipanggil Hiro itu mengungkapkan alasan dibalik penggarapan single tersebut dalam format duet. Sebelumnya, Hiro sendiri sudah pernah memasukan lagu tersebut dalam album selftitled pada 2017 lalu.

“Tahun 2017 waktu saya rilis album pertama saya, lagu ini sudah ada di trek ke sepuluh. Tapi saya mikir untuk ngelurain lagu ini dalam bentuk single. Lagu ini kami translate dari bahasa Jepang ke Indonesia. Supaya teman-teman Indonesia juga menyukai lagu dan liriknya yang sangat bagus. Ini adalah lagu kesukaan Arina juga dan sangat senang bisa menyanyikan berdua,” ungkap Hiro kepada Indozone.

  Penampilan Hiroaki Kato dan Arina Epiphania membawakan lagu
Penampilan Hiroaki Kato dan Arina Epiphania membawakan lagu "Nada Sousou" (Photo/Yoshimoto Kreatif Indonesia)

Arina yang dikenal sebagai vokalis band Mocca sendiri mengaku sangat dekat dengan lagu itu. Selain pernah bertemu dengan Begin secara langsung, "Nada Sousou" juga memiliki makna dan arti yang cukup dalam. Sebuah lagu tentang kehilangan dengan notasi nada yang indah.

“Ini tentang kehilangan orang yang dekat. Jadi dulu pencipta lagunya membuat lagu ini untuk kakaknya yang tidak bisa melihat lagi. ‘Nada Sousou’ itu artinya air mata yang mengalir tanpa sadar. Jadi ketika mengingat seseorang yang sudah tiada tiba-tiba turun air mata walaupun sebenarnya dia tidak menyadarinya,” jelas Arina lebih jauh.

Aransemennya sendiri digarap oleh Ari Renaldi, produsernya Tulus dan Yura yang banyak memberikan usulan agar lagu ini berbeda dengan versi aslinya. Bahkan berbeda dengan versi Rimi Natsukawa dan Solar ‘Mamamoo‘ yang menyanyikannya dalam bahasa Korea.

“Lagu ini sebenarnya versinya banyak banget. Yang dibawakan Begin itu sebenarnya strings section. Terus ada versi Rimi Natsukawa yang lebih Jpop. Nah, kalau yang ini sangat beda. Karena ini duet, cowok cewek. Dan dibuat sesimple mungkin,“ jelas Arina.

Lagu ini juga menyita perhatian musisi kenamaan Tulus yang akhirnya menawarkan diri untuk menjadi produser kreatif dalam penggarap video klipnya. Ia mencoba menggabungkan arti kedalaman tema lagu dengan latar budaya khas Bali. Bekerjasama dengan Embara Films dan Silubarong.co, Tulus merealisasikan lirik dari mata seorang anak perempuan yang kehilangan orang yang disayangi. Video klipnya bisa dilihat dalam tautan di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU