The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Review She Said: Kisah Nyata Jurnalis Bongkar Kasus Pelecehan Seksual di Hollywood
Adegan di film She Said. (IMDB).
Movie

Review She Said: Kisah Nyata Jurnalis Bongkar Kasus Pelecehan Seksual di Hollywood

Sabtu, 26 November 2022 02:36 WIB 26 November 2022, 02:36 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah film yang diangkat dari buku kisah nyata tentang investigasi reportase dua jurnalis wanita dari The New York Times pada 2016 silam yang menumbangkan Harvey Weinstein, sosok di Hollywood yang telah melakukan kekerasan seksual dan pemerkosaan kepada beberapa perempuan dan artis Hollywood selama tiga puluh tahun lebih.

Kedua wartawan, yaitu Jodi Kantor dan Megan Twohey berhasil meraih penghargaan Pulitzer unntuk investigasi mereka tersebut yang kemudian dibukukan. 

Untuk versi filmnya disutradarai oleh Maria Schrader dengan memasangkan aktir asal Inggris Carrey Mulligan dan aktris Amerika Zoe Kazan.

She Said
Film She Said. (IMDB).

Sipnosis She Said

Pada 2017, reporter New York Times Jodi Kantor menerima selentingan kabar bahwa aktris Rose McGowan diserang secara seksual oleh produser Indiewood Harvey Weinstein. McGowan awalnya menolak berkomentar, tetapi kemudian menelepon Kantor kembali dan menjelaskan kisah Weinstein yang memperkosanya ketika dia berusia 23 tahun. 

Kantor juga berbicara dengan aktris Ashley Judd dan Gwyneth Paltrow, yang menggambarkan pertemuan seksual mereka sendiri dengan Weinstein, tetapi keduanya meminta untuk tidak berkomentar atau disebutkan dalam artikel karena takut pukulan balik karir. Frustrasi oleh kurangnya kemajuan dalam penyelidikan berikutnya, Kantor merekrut Megan Twohey untuk membantu pekerjaan tersebut.

Keduanya pun menyelidiki begitu banyak perempuan yang telah dilecehkan, bahkan diperkosa Weinstein saat usia mereka masih terbilang muda. Namun tak ada dari mereka ingin bersuara. Ditambah Weinstein selalu membayang-bayangi diri para korban.

Adegan di film She Said. (IMDB).
Adegan di film She Said. (IMDB).

Review She Said.

Film ini mengingatkan kepada film pemenang Oscar berjudul Spotlight yang sama-sama diangkat dari kisah nyata. Namun dalam cerita fokus pelaku hanya satu orang. Salah satu yang membuat terkejut adalah begitu banyak nama artis yang kemungkinan kita kenal sebagai korban kejhatan Harvey Weinstein. 

Investigasi kasus Jodie Kantor dan Megan Twohey memang dari kisah nyata. Namun cerita yang digarap sang sutradara lebih mengarah ke drama. 

Tak hanya lika-liku investigasi mencari narasumber, namun kehidupan pribadi kedua karakter ini dimasukkan sebagai sisipan yang menarik. Di sisi lain, pertanyaan tentang kekerasan seksual yang sangat rentan dan dinafikkan oleh hukum menjadi pertanyaan besar selama hampir beberapa dekade.

Tak ada ketegangan yang disajikan, melainkan kisah emosional para penyintas kejahatan seksual Weinstein yang membuat penonton ikut terbuai. Termasuk bagaimana Kantor dan Twohey menghadapi lika-liku investigasi para penyintas yang tak berani membuka suara.

Buat kamu yang nggak doyan cerita yang slow burn, kemungkinan ini bukan tipikal cerita favorit kalian. Tapi konflik yang hadirkan tetap bisa membuai penonton sehingga berada di posisi sang tokoh utama.

Sayangnya, film ini hanya menunjukkan kerja keras para wartawan tanpa menunjukkan efek dari kasus Weinstein di dunia nyata, yaitu gerakan #MeToo seperti yang terjadi di dunia nyata.

Rating She Said: 7,9/10

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli
Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US