The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perbedaan Genre Horor, Misteri dan Thriller: Banyak yang Masih Bingung
Film horor, misteri, dan thriller. (IMDB).
Movie

Perbedaan Genre Horor, Misteri dan Thriller: Banyak yang Masih Bingung

Dan turunannya.

Selasa, 12 April 2022 12:50 WIB 12 April 2022, 12:50 WIB

INDOZONE.ID - Sering kali kita mendengar istilah genre film horor, misteri, atau thriller atau bahkan pernah menonton salah satunya. Namun saat ditanya apa pengertiannya, masih banyak yang masih kecampuran perihal pengertiannya.

Salah satu contohnya genre horor yang hanya dikaitkan dengan setan atau dedemit saja, atau genre misteri masih selalu dikaitkan dengan supranatural. Termasuk istilah thriller yang yang hanya dihubungkan dengan aksi pembunuh yang membantai orang.

Berikut ada beberapa pengertian terkait ketiga genre tersebut dan turunan dari genrenya. 

Horor: Genre yang membangkitkan rasa takut, tak hanya cerita dedemit

Mengutip nofilmschool.com, cerita horor baik di film, televisi, atau novel dirancang untuk menakut-nakuti dan membuat panik penonton. Sang pembuat cerita ingin orang-orang meninggalkan teater atau bersembunyi saat menontonnya karena telah memunculkan ketakutan terburuk yang tersembunyi, seringkali dalam akhir yang menakutkan dan mengejutkan.

Situs AMC mendefinisikan horor sebagai, "Apa pun sifat gelap, primitif, dan menjijikkan yang secara bersamaan menarik dan mengusir penonton ditampilkan dalam genre horor. 

Ada banyak sub genre horor seperti horor supranatural seperti 'Conjuring' atau horos slasher seperti 'Texas Chainshaw Messacres. Ada beberapa film juga yang gabungi horro misteri dan horor thriller.

Misteri: Cerita yang buat penasaran, lebih banyak ke unsur penyelidikan.

Genre misteri adalah seperti apa kedengarannya. Mengutip medium.com, genre misteri adalah cerita di mana sesuatu yang misterius terjadi yang kemudian diungkap oleh tokoh utama. 

Misteri yang paling banyak muncul dalam cerita misteri adalah kejahatan yang perlu dipecahkan, biasanya sesuatu yang besar seperti pembunuhan. Hal inilah yang membuat genre misteri di luar sana selalu dikaitkan dengan cerita detektif atau investigasi.

Genre misteri pun memiliki banyak subgenre. Selain cerita detektif, ada juga genre cozy mysteries seperti film 'Clue' dan masih banyak lagi. Kadang misteri juga dikaitkan dengan genre thriller, bahkan horor.

Thriller: Menyuguhkan adegan yang menegangkan, gelap secara aspek.

Menurut Dan Brown penulis 'The Davinci Code' dalam masterclassnya, genre thriller adalah cerita yang menarik audiense dan membangun ketegangan demi ketegangan yang menarik, dan membuat Anda terus menebak-nebak sampai akhir.  Intinya, thriller adalah cerita yang didorong oleh plot yang gelap, mengasyikkan, dan menegangkan. 

Sub genre thriller terdiri dari psychological thriller, action thriller, crime thriller dan masih banyak lagi. Seperti kedua genre di atas bisa digabungkan dengan misteri dan horor, dengan memasukkan unsur ciri khas masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US