Netflix Investasi US$1 Juta Kirim Scriptwriter Indonesia ke Hollywood
Netflix Investasi US$1 Juta Kirim Scriptwriter Indonesia ke Hollywood (Pixabay / Jade87)
Movie

Netflix Investasi US$1 Juta Kirim Scriptwriter Indonesia ke Hollywood

Nadiem Makarim apresiasi kerjasama ini

Kamis, 09 Januari 2020 17:57 WIB 09 Januari 2020, 17:57 WIB

INDOZONE.ID - Kemendikbud dan Netflix bekerja sama untuk mengirim para scriptwriter Indonesia untuk belajar di Hollywood. Kerja sama antara entitas bisnis dan pemerintah ini disebut bakal hadir dalam beberapa ketentuan.

Pertama mengirim scriptwriter ke kantor pusat Netflix, hingga nantinya akan ada lokakarya bagi 100 penulis skenario di Indonesia, dan lomba film pendek. 

Nantinya akan ada 10 penulis skenario yang dikirim ke Hollywood, Los Angeles, Amerika untuk belajar lebih dalam mengenai penulisan skenario.

"Netflix berkomitmen dengan menginvestasikan US$1juta untuk pembangunan kapasitas kreativitas (scriptwriter) itu tadi di LA dan akan mengadakan lokakarya di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pelatihan,"

 

"Di luar itu akan ada kompetisi film pendek yang diselenggarakan oleh Netflix, temanya ialah azas-azas Pancasila. Sangat exciting juga bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita seperti apa. Film-film pendek ini akan dipilih pemenangnya dan diberi bujet produksi sebesar 600 ribu dolar AS," papar Nadiem Makarim.

Rencananya, Maret 2020 para peserta siap berangkat. Perwakilan Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi), Sheila Timothy menjelaskan kandidat peserta pelatihan berasal dari kalangan yang pernah mengerjakan proyek profesional.

"Untuk detailnya saya belum tahu. Terus terang mereka juga masih dalam tahap penggodokan lagi. Jadi saya mewakili Aprofi, kita akan mengawinkan mereka (Netflix) dengan beberapa komunitas dan juga asosiasi-asosiasi seperti Asosiasi Penulis Indonesia dan filmmaker lainnya. Jadinya ini merupakan kolaborasi semuanya. Sepanjang yang saya sudah diberi tahu sampai saat ini peserta workshopnya ialah junior scriptwriter. Tapi sudah memiliki pengalaman. Jadi bukan yang nol sama sekali," papar Sheila Timothy.

Seperti diketahui Beberapa film Indonesia yang sudah bisa ditonton di layanan streaming tersebut di antaranya "Aruna dan Lidahnya", "Sebelum Iblis Menjemput", "Ada Apa Dengan Cinta?", "Cek Toko Sebelah" hingga "The Raid". Bukan cuma mendistribusikan, Netflix juga telah bekerja sama dengan sutradara Timo Tjahjanto untuk memproduksi "The Night Comes for Us", film original Netflix Pertama dari Indonesia.

Mendikbud Nadiem Makarim bahkan menggemari Netflix karena semakin banyak konten-konten Indonesia yang masuk ke penyedia layanan streaming itu.  

"Saya nge-fans banget sama Netflix, juga senang lihat konten Indonesia yang semakin lama makin banyak tampil di Netflix," kata Nadiem mengutip Antara dalam di konferensi pers kemitraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Netflix, Jakarta, Kamis (9/1/2020).
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ade Indra
Ade Indra

Ade Indra

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU