The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

film biopik tokoh perjuangan
Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia (cinemapoetica.com)
Movie

6 Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia, Bangkitkan Sikap Nasionalisme

Rabu, 05 Agustus 2020 15:20 WIB 05 Agustus 2020, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Tidak terasa sebentar lagi Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Kegiatan seperti lomba, syukuran dan pentas seni merupakan kegiatan yang identik dengan tujuh belasan. 

Namun, kegiatan lain seperti menonton film bareng masih sering dilakukan didaerah tertentu. Kegiatan menonton film akan menambah rasa nasionalis kita melalui pesan moral yang disampaikan oleh film.

Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam jiwa dan raga kalian. Inilah rekomendasi film biopik tokoh perjuangan Indonesia yang wajib kamu tonton:

Sang Pencerah

Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia
Sang Pencerah (justwatch.com)

Film Sang Pencerah yang disutradari Hanung Bramantyo ini diambil dari kisah nyata pendiri Muhammadiyah. Yakni Ahmad Dahlan. Film biopik yang satu ini mengajarkan nilai-nilai tentang toleransi, koeksistensi dan semangat perubahan.

Film Sang Pencerah juga menggandeng beberapa aktor kawakan. Seperti Lukman Sardi, Yati Surachman, Giring Ganesha, Zaskia Adya Mecca, Sujiwo Tejo dan masih banyak lagi. 

Film biopik tentang bapak Ahmad Dahlan meskipun tidak berlatar belakang kemerdekaan Indonesia. Namun penonton akan dapat merasakan arti semangat perjuangan untuk melepaskan diri dari penjajahan dan penindasan pada film ini.

Soekarno

Film Biografi Tokoh Perjuangan Indonesia
Soekarno (cinemapoetica.com)

Film yang masih disutradari oleh Hanung Bramantyo ini termasuk film yang menggangkat biopik tokoh perjuangan Indonesia. Yakni Soekarno. Film ini juga menggandeng aktor kawakan. Seperti, Ario Bayu, Muhammad Abbe, Moch. Achir, Tanta Ginting dan Ratu Tika Bravani.

Film biopik tokoh perjuangan Indonesia yang satu ini menceritakan tentang seorang pria yang bernama Kusno. Dikarenakan dia sakit-sakitan orangtuanya mengganti namanya dengan nama Soekarno.

Film biografi Soekarno ini menampilkan pidato-pidato Soekarno yang penuh semangat, salah satunya, "Indonesia Menggugat". Dan dengan menonton film ini, maka rasa semangat perjuangan yang selama ini tertidur didalam hati kamu akan terbangun.

Jenderal Soedirman

Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia
Jenderal Soedirman (indonesianfilmcenter.com)

Film biografi Jendral Soedirman yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini juga merupakan film biografi tokoh perjuangan Indonesia yang seharusnya kamu tonton. Film berdurasi lebih dari dua jam ini menceritakan tentang perjungan Jendral Soedirman pada masa kolonial Belanda di Indonesia.

Singkat cerita, pada saat itu Jenderal Soedirman sedang dalam kondisi sakit keras melakukan perjalanan ke Selatan untuk melakukan gerilya. Strategi perang yang sangat mendunia ini dipimpin langsung oleh Jenderal Soedirman berlangsung hingga tujuh bulan.

Akibat dari serangan ini membuat Belanda kehanisan logistik dan pada akhirnya ditandatanganinya perjanjian Roem-Royen. Dan Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia seutuhnya.

Sultan Agung

Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia
Sultan Agung (wowkeren.com)

Setelah sukses dengan film Sang Pencerah, kali ini Hanung Bramantyo kembali menggangkat film biopik kisah nyata tentang tokoh perjuangan Indoneisa. Yakni Sutlan Agung.

Film bergenre kolosan ini menampilkan beberapa biografi tentang tokoh Sultan Agung yang terkenal dengan ambisius, pemberani karena keputusannya menyerang VOC di Batavia.

Singkat cerita, selepas kepergian ayahnya. Raden Mas Rangsang yang masih mudah pada saat intu langsung menyangdang sebagai Sultan Agung Hanyakrukusuma. Tugas yang berati ini harus dia laksanakan ketika masih muda.

Film biografi Sultan Agung ini tidak hanya menghadirkan cerita tentang penaklukan VOC. Namun, juga dibumbuhi kisah cinta Sultan Agung (Ario Bayu) dengan Lembayung (Putri Marino) yang harus kandas. 

Soegija

Film Biografi Tokoh Perjuangan Indonesia
Soegija (asianwiki.com)

Film yang sutradari oleh Garin Nugroho ini bercerita tentang tokoh sentral uskup pribumi pertama dalam Gereja Katolik Indonesia. Yakni Soegija. Film biopik ini menggambarkan kisah kemanusiaan pada masa kemerdekaan bangsa Indonesia (1940-1949).

Bercerita tentang Belanda yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia kembali menyerang Indonesia dengan mengirim tentara mereka untuk menyerbu. Pada waktu itu pusat pemerintahan Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta unutk menjaga kedaulatan.

Film biografi ini ini tidak hanya mengingatkan kembali kepada kamu tentang sejarah. Namun, film ini dikemas dengan art yang indah dan memiliki cerita yang syarat pesan perjuangan. Film Soegija akan membuat sikap nasionalismu terbangun.

Kartini

Film Biopik Tokoh Perjuangan Indonesia
Kartini (bookmyshow.com)

Film Kartini yang disutradari oleh Hanung Bramatyo ini menceritakan tentang kisah Kartini yang dibalut dalam skema alut maju mundur. Dalam film biografi ini di jelaskan tenang perjuangan Kartini sejak kecil yang sudadh dikenal sebagai pemberontak.

Sang kakak Raden Mas Panji Sosrokartono (diperankan Reza Rahardian) membagi nasihat kepada Kartini (diperankan Dian Sastrowardoyo) tentang kehidupan yang tidak ada artinya jika tidak berbagi dan hanya untuk diri sendiri.

Film biopik kartini ini sangat menginspirasi wanita untuk memperjuangkan hak-haknya. Dan film ini mampu membangkiat sikap nasionalisme kamu. Alur cerita yang ringan akan membawamu hanyut dalam cerita.

Itulah beberapa film biopik (biografi) tokoh perjuangan Indonesia yang mampu bangkitkan sikap nasionalismemu di hari kemerdekaan Indonesia nanti.

TAG
Wahyu Hidayat
JOIN US
JOIN US