The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Film Kemerdekaan Indonesia Terbaru yang Cocok Ditonton saat HUT RI 77
Cuplikan perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan dalam sebuah film (youtube.com/user/edhaje)
Movie

10 Film Kemerdekaan Indonesia Terbaru yang Cocok Ditonton saat HUT RI 77

Mari kenang para pejuang dengan menonton beberapa film ini

Senin, 15 Agustus 2022 10:24 WIB 15 Agustus 2022, 10:24 WIB

INDOZONE.ID - Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi hari yang istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Istimewanya hari ini ditandai dengan beberapa kegiatan yang mengingatkan akan perjuangan Indonesia untuk Merdeka. 

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah menonton film kemerdekaan Indonesia bersama. Beberapa ruma produksi, melahirkan film-film tentang kemerdekaan Indonesia untuk mengenang para pahalawan. 

Oleh karenanya, beberapa rekomendasi film kemerdekaan Indonesia terbaru berikut cocok kamu tonton saat HUT RI ke-77 nanti. 

1. Merah Putih (2009)

Film yang menampilkan sejarah Indonesia ini, menceritakan perjuangan Indonesia dalam perlawanannya dengan Belanda. Film yang tayang pada tahun 2009 ini berlatar belakang Agresi Militer Belanda I di tahun 1947. Diketahui, pada masa itu perang antara bangsa Indonesia dan Belanda sedang panas-panasnya.

2. Darah Garuda (2010)

Darah Garuda adalah film kemerdekaan Indonesia yang jelas menceritakan perjuangan Indonesia dalam menuju kemerdekaan. Tak jauh berbeda dari film sebelumnya, film ini berlatar belakang Agresi Militer Belanda I di Pulau Jawa pada tahun 1947 silam. 

Namun, bedanya film ini memfokuskan benang merahnya kepada usaha Indonesia untuk bertahan melawan Belanda, namun ada saja  para mata-mata, pengkhianat negara, hingga musuh dari Belanda yang menghalangi.

3. Laskar Pemimpi (2010)

Film kemerdekaan selanjutnya adalah Laskar Pemimpi. Film ini mengisahkan tentang perjuangan rakyat Indonesia yang menderita akibat Belanda yang melancarkan agresi militernya yang kedua.

Alih-alih menampilkan kisah para pejuang yang begitu serius menghadapi penjajah, film ini justru dibalut dalam komedi, di mana sekelompok laskar pejuang amatir berusaha melawan Belanda. 

4. Hati Merdeka (2011)

Di hari kemerdekaan Indonesia, Hati Merdeka juga bisa menjadi tontonan yang mengenang perjuangan Indonesia dalam menuju kemenangan. 

Film ini menceritakan kisah para pejuang yang masih harus berjuang meski telah dinyatakan merdeka. Pada masa itu, penumpasan masih seringkali terjadi, dan cukup meresahkan bangsa Indonesia.

5. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013) 

Sesuai dengan judulnya, film kemerdekaan Indonesia ini mengisahkan tentang perjuangan Sukarno sebagai Presiden pertama Indonesia yang membawa negara ini ke arah kemerdekaan. 

Dalam filmnya, dikisahkah perjuangan Sukarno dari awal masa hidupnya hingga Ia menjadi presiden, lalu memerdekakan Indonesia. Di film ini, berbagai tokoh pahlawan nasional juga ikut menjadi saksi hidupnya, seperti Hatta dan Sjahrir. 

6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 

Film yang men gisahkan tentang tokoh pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto ini memiliki benang merah perjuangan beliau untuk mendapatkan hak dan martabat bagi bangsa Indonesia. 

Latar belakang yang diangkat dalam film ini adalah masa penjajahan, di mana pada masa itu Indonesia sedang berjuang untuk menjadi bangsa yang merdeka. 

7. Jendral Soedirman (2015) 

Film kemerdekaan Indonesia yang berbasis biografi dari Jendral Soedirman ini berkisah tentang perjuangan Indonesia pada masa kolonisasi Belanda. Film ini berfokus pada perjuangan sang Jendral untuk melakukan perjalanan ke Selatan untuk misi gerilya selama tujuh bulan.

Misi gerilya tersebut nyatanya membuat pasukan Belanda kewalahan karena kehabisan logistik dan akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Inilah yang membuat Belanda mengakui kedaulatan Indonesia. 

8. Kartini (2017) 

Sebelum Indonesia merdeka, dapat diakui bahwa perempuan di Indonesia terpandang rendah dan minim pendidikan. 

Mengetahui hal ini, salah satu perempuan Indonesia, yang saat ini menjadi pahlawan bagi wanita, Kartini, melakukan emansipasi wanita, di mana perempuan Indonesia pada akhirnya bisa terekspos pada pendidikan.

Perjuangan Kartini membawa perempuan Indonesia menjadi lebih baik tersebut dirangkum dalam film Kartini ini. Dalam film ini, diceritakan Kartini sebagai sosok yang pemberontak dan identik dengan perlawanan fisik serta diplomasi dalam hal pendidikan untuk perempuan.

Akibat perjuangannya ini, seteleh Indonesia merdeka, semakin banyak perempuan yang terpelajar dan bernilai. 

9. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)

Film kemerdekaan Indonesia ini mengangkat tokoh perjuangan Indonesia, yaitu Sultan Agung. Dalam film ini, ditampilkan tokoh Sultan Agung yang dengan berani menyerang VOC Belanda. 

Selain karakternya tersebut, benang merah lainnya film ini juga terlihat pada kisah cinta antara Sultan Agung dan Lembayung yang terpaksa harus kandas. 

10. Perburuan (2019) 

Film yang diangkat dari novel yang berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini, menceritakan perjuangan Indonesia dalam melawah penjajahan Jepang. Latar belakang yang dipakai adalah pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang sedang terjadi. 

Setelah pemberontakan terjadi, seorang tentara Indonesia kembali ke kampung halamannya di Blora. Namun, untuk menghindari tentara Jepang, Ia menyamar menjadi pengemis dan pada suatu malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebuah drama perjuangan pun terungkap.

Itulah beberapa film kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton. Dengan menonton beberapa film ini, kita sebagai bangsa Indonesia dapat terus menghargai para pejuang hingga tokoh pahlawan dalam memerdekakan negara Indonesia. 

Selamat Hari Merdeka ke-77 Indonesia! 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US