The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Geser Dominasi '30' Adele, Soundtrack 'Encanto' Puncaki Billboard 200
Poster film Encanto (Istimewa)
Movie

Geser Dominasi '30' Adele, Soundtrack 'Encanto' Puncaki Billboard 200

Senin, 10 Januari 2022 18:24 WIB 10 Januari 2022, 18:24 WIB

INDOZONE.ID - Album soundtrack dari film animasi musikal Disney, 'Encanto' menggeser dominasi album '30' Adele di posisi puncak Billboard 200. Seperti diketahui, album '30' telah menguasai chart tersebut selama enam pekan yang menjadikannya sebagai album terlaris di 2021.

Album soundtrack 'Encanto' melesat ke peringkat pertama pada pekan ini dengan total penjualan sementara mencapai 72 ribu unit berdasarkan MRC Data per 6 Januari 2022.

Dengan pencapaian itu, menjadikan 'Encanto' sebagai album soundtrack film pertama yang mampu memuncaki Billboard 200 sejak terakhir kali diperoleh oleh album soundtrack 'Frozen II' pada 2019 lalu.

Adapun rincian penjualan soundtrack 'Encanto' terdiri dari 58 ribu unit SEA atau setara dengan 87.69 juta stream on-deman. Sedangkan penjualan unit tradisional sekitar 11 ribu dan unit TEA  sekitar 3 ribu unit.

Setelah ditumbangkan oleh 'Encanto', kini album terlaris di 2021, '30' milik Adele turun peringkat di posisi kedua dengan tambahan penjualan sebanyak 57 ribu unit.

Film Encanto

Encanto merupakan film animasi musikal produksi Walt Disney yang tayang di layar lebar pada 24 November 2021 lalu. Film yang disutradarai Byron Howard dan Jared Bush ini menceritakan kisah tentang keajaiban pada suatu keluarga.

Cerita Encanto sendiri terinspirasi dari magical realism yang merupakan salah satu bagian dari kebudayaan di Kolombia.

Hampir semua soundtrack dalam Encanto ditulis oleh Lin Manuel Miranda, penulis lagu yang berkontribusi dalam film Disney 'Moana' yang berhasil masuk nominasi di Grammy dan Oscars.

Ada sebanyak delapan soundtrack Encanto yang ditulis dan diproduksi langsung oleh Miranda. Bahkan dalam proses pembuatannya, dia melakukan kunjungan ke Kolombia untuk riset terkait unsur-unsur musik tradisional di negara itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US