The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Fakta Serial ‘Thai Cave Rescue’: Pemeran Pelatih Meninggal di Dunia Nyata Usai Syuting
Thai Cave Rescue (IMDb)
Movie

5 Fakta Serial ‘Thai Cave Rescue’: Pemeran Pelatih Meninggal di Dunia Nyata Usai Syuting

Selasa, 27 September 2022 09:00 WIB 27 September 2022, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Serial ‘Thai Cave Rescue’ tentang misi penyelamatan 13 anggota club Wild Boars yang terjebak di Gua Tham Luang Thailand sudah tayang sejak 22 September lalu dan berhasil menarik perhatian penonton.

Meski sudah beberapa kali diangkat ke layar kaca, serial ini menghadirkan perspektif yang belum begitu banyak dibahas di film-film sebelumnya. Ditambah, latar belakang ceritanya yang diangkat dari kisah nyata membuat penonton antusias terhadap fakta-fakta di balik serial ini.

1.Diangkat dari kisah nyata

Semua orang agaknya sudah pada tahu kalau serial ini memang benar adanya alias diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi pada 2018 lalu. Saat itu 12 orang anak-anak dan 1 orang pelatihnya terjebak dalam Gua Tham Luang yang dikenal sebagai ‘gua monster’ ketika hujan deras tiba.

thai cave rescue
Thai Cave Rescue (IMDb)

Situasi gua tersebut cepat sekali menampung air hujan, sehingga mempercepat terjadinya banjir. Ketiga belas orang tersebut terjebak selama 18 hari  dengan kadar oksigen yang semakin menurun. Penyelamatan dramatis selama 3 hari oleh tim penyelam profesional berhasil menyelamatkan ketiga belas nyawa orang tersebut. Sayangnya, satu orang mantan anggota Navy Seal Thailand meninggal dunia saat berusaha untuk mengantarkan tabung oksigen untuk 13 orang tersebut.

Belum diketahui secara pasti penyebab kematiannya. Kemungkinan terbesar adalah hilangnya kesadaran saat kadar oksigen yang tiba-tiba menurun.

2. Mencari perhatian seluruh dunia

Meski kejadian ini dialami oleh masyarakat Thailand, namun tragedi ini mencuri perhatian seluruh dunia. Gimana enggak, banyak volunteer yang terlibat untuk membantu prosese evakuasi ketiga belas orang tersebut.

thai cave rescue
Thai Cave Rescue (IMDb)

Bukan hanya militer, tim medis, bahkan tim penyelam gua profesional pun datang dari berbagai negara. Beberapa di antaranya Rick Stanton dan John Volanthen asal Inggris, Dr. Harry ahli anastesi asal Australia, Ben Reymenants asal Belgia, Maksym Polejaka, Claus Rasmussen asal Denmark, Mikko Paasi asal Finlandia, Ivan Karadzic asal Denmark yang pindah ke Thailand, hingga Erik Brown asal Kanada.

3. Pemain Coach Eak Meninggal di dunia nyata

Berita mengejutkan datang dari salah satu pemain serial ini, yang memerankan tokoh Coach Eak bernama Beam Papangkorn. Seorang aktor muda Thailand yang baru berusia 25 tahun menghembuskan nafas terakhirnya usai menyelesaikan syuting ‘Thai Cave Rescue’.

Ia ditemukan meninggal oleh ibunya dalam posisi tertidur pada 23 Maret 2022 lalu, diduga karena serangan jantung. Meski sempat dibawa ke rumah sakit, namun sayangnya kondisi Beam saat itu sudah tidak responsif. Maka dari itu, series yang menjadi karya terakhirnya ini didedikasikan untuk mendiang Beam. Hal ini bisa kita lihat di akhir serial pada episode keenam, dimana tertulis ‘For Beam 1996-2022’.

Beam memulai debutnya sebagai aktor sejak tahun 2015 lewat film ‘Water Boyy: The Movie’ dan kemudian membintangi drama pertamanya tahun 2016 dalam judul ‘Nong Mai Rai Borisut’.

4. Banyak kisah haru

Selama proses evakuasi berlangsung, banyak pihak yang terlibat demi menyelamatkan ketiga belas orang tersebut untuk keluar dari gua. Bukan hanya dari tim penyelam saja, tapi beberapa warga lokal hingga asing pun turut membantu.

Para pedagang dan penjual makanan bahkan rela menempuh jalan belasan bahkan puluhan kilometer untuk memberikan makanan gratis untuk tim penyelamat sampai 13 orang dinyatakan keluar dari gua.

Para petani yang rela sawah mereka dibanjiri air yang keluar lewat pompa asal anak-anak tersebut selamat. Bahkan, mereka enggak mau diganti rugi meski sawahnya gagal panen.

Ada pula cerita seorang anak dari Belanda yang menulis surat untuk perdana menterinya, agar bisa membantu Thailand. Seperti diketahui, Belanda adalah negara yang terkenal dengan sistem pompa yang bagus. Siapa sangka, kalau permintaan bocah ini ternyata dikabulkan.

Dan masih banyak lagi cerita-cerita humanisme yang bikin kamu haru saat mengetahui masih banyak orang baik yang mau membantu tanpa pamrih.

5. Menggandeng sineas luar negeri untuk menggarap cerita baru

‘Thai Cave Rescue’ akan lebih banyak menyajikan cerita yang belum pernah terungkap sebelumnya dari perspektif anak-anak. Untuk menyajikan cerita dan visual yang sempurna, proyek ini menggandeng beberapa sineas asing.

Dibuat oleh Michael Russell Gunn (Billions, Designated Survivor) dan Dana Ledoux Miller (G.I. Joe: Retaliation), Produser John Penotti (Crazy Rich Asians), John Logan Pierson (Spenser Confidential, Dare Me), Lance Johnson (Troop Zero), Tim Coddington (Mulan, Crazy Rich Asians, Marco Polo) dan pastinya sutradara Kevin Tancharoen (Mortal Kombat: Rebirth, Agents of S.H.I.E.L.D, Prison Break, Inhumans, The Flash, Supergirl).

Serial ini juga turut menggandeng sederet aktor Internasional yang memerankan tokoh-tokoh utamanya, seperti Nicholas Bell sebagai Vern Unsworth, Nicholas Farnell sebagai John Volanthen, Christopher Storelly sebagai Rick Stanton, Rodger Corser sebagai Dr. Richard “Harry” Harris, dan Damon Herriman sebagai Dr. Craig Challen.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Vila Marescotti
Vila Marescotti

Vila Marescotti

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US