Mengenang Ria Irawan, Berikut Prestasinya di Dunia Perfilman
Ria Irawan dan film terbaiknya (Instagram/@riairawan)
Movie

Mengenang Ria Irawan, Berikut Prestasinya di Dunia Perfilman

4 peran Ria Irawan terbaik yang pernah mendapat apresiasi.

Senin, 06 Januari 2020 09:30 WIB 06 Januari 2020, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Pagi ini, kabar duka merundung dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Ria Irawan meninggal dunia, seperti yang dikabarkan oleh komika Ernest Prakasa dan dikonfirmasi oleh kakaknya, Dewi Irawan.

Semasa hidupnya, Ria Irawan dikenal sebagai artis berprestasi dalam dunia seni peran. Debutnya sebagai cameo di 'Sopir Taxi' (1973) membuatnya didaulat menjadi peran utama di film 'Fajar Menyingsing' dua tahun  berikutnya. 

Berulang kali namanya masuk dalam nominasi penghargaan  banyak menuai apresiasi, baik di layar lebar maupun di layar kaca. 

Berikut adalah daftar beberapa film Ria Irawan yang pernah mendapat apresiasi oleh insan perfilman Indonesia.

1. Selamat Tinggal Jeanette (1987) 

Selamat Tinggal Jeanette (1987) 
Selamat Tinggal Jeanette (1987) (Wikipedia)

Dalam film adaptasi novel tersebut, Ria Irawan berperan sebagai Trimah. Trimah sendiri adalah seorang ART (Asisten Rumah Tangga) yang digagahi oleh Suryono (Mathias Muchus) karena kesepian setelah ditinggal kekasihnya, seorang wanita asing bernama Jeanette (Meriam Bellina). 

Ria diganjar penghargaan Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia 1988 sebagai Pemeran Pendukung Terbaik. 

2. Biola Tak Berdawai (2003) 

Biola Tak Berdawai
Biola Tak Berdawai (imdb)

Dalam film ini, Ria Irawan harus beradu peran dengan aktor muda yang sedang naik daun saat itu, Nicholasi Saputra. Ria Irawan berperan sebagai tokoh utama, Renjani, seorang mantan penari balet setelah dirinya diperkosa, hamil, dan dipaksa untuk mengaborsi kandungannya. Ia memutuskan membuang masa lalunya dan pindah ke Yogyakarta.

Film ini mendapat penghargaan Asia-Pacific Film Festival sebagai Aktris Terbaik. Tidak hanya itu, film ini juga membuatnya masuk nominasi dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2004 dalam kategori Aktris Terfavorit. 

3. Berbagi Suami (2006) 

Berbagai Suami
Berbagai Suami (wikipedia)

Film ini bercerita tentang tiga wanita dari kebudayaan berbeda namun sama-sama mempunyai suami yang melakukan poligami. Ria Irawan kebagaian peran sebagai Sri, istri pertama dari Pak Liknya (Lukman Sardi) yang baru saja mempersunting Siti (Shanti), sebagai istri ketiga. 

Film ini berhasil membawa Ria Irawan sebagai pemenang di ajang Film Festival Indonesia sebagai Pemeran Pendukung Terbaik dan Pemeran Pendukung Terfavorit untuk ajang Festival Film Indonesia dan Indonesia Movie Awards tahun 2006. 

4. Bulan Di Atas Kuburan (2015) 

Bulan Di Atas Kuburan
Bulan Di Atas Kuburan (viu.com)

Film layar lebar terakhir yang diperankan oleh Ria Irawan adalah 'Bulan di atas Kuburan, sebuah film lawas yang digarap kembali. Dalam film tersebut, Ria Irawan berperan sebagai perang pendukung untuk tokoh utama bernama Minar.

Meski kebagian peran kecil, Ria Irawan berhasil menyabet dua penghargaan. Yang pertama penghargaan Maya Awards di 2015 dan Indonesian Movie Awards sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik 2016. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
M Fadli
Fauzi

Fauzi

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU