The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Percaya Gak Percaya, Sebentar Lagi Film Format IMAX Bisa Ditonton dari Layar HP
Bioskop IMAX (IMAX)
Movie

Percaya Gak Percaya, Sebentar Lagi Film Format IMAX Bisa Ditonton dari Layar HP

Rabu, 05 Oktober 2022 15:02 WIB 05 Oktober 2022, 15:02 WIB

INDOZONE.ID - Pengalaman menonton film dari layar IMAX memang enggak ada duanya. Nah, di masa depan, enggak menutup kemungkinan menonton film format IMAX bisa dilakukan dari layar HP doang.

Dilansir IndieWire, IMAX baru saja mengakuisisi perusahaan teknologi streaming SSIMWAVE yang merupakan pemain di bidang kualitas video yang digerakkan oleh AI.

Dari akuisisi tersebut, IMAX juga mendapatkan sebanyak 30 orang insinyur perangkat lunak yang brilian.

"Semuanya tentang kualitas – di setiap layar,” kata CEO IMAX Rich Gelfond.

Baca Juga: IMAX Indonesia Umumkan Return 'Avatar', Gak Sabar Lihat Indahnya Pandora Pakai Kacamata 3D

Teknologinya memungkinkan platform mengidentifikasi jenis perangkat atau layar pengguna yang memungkinkan kompresi kustom waktu nyata saat menjalankan analisis biaya-manfaat.

Di satu sisi, algoritma SSIMWAVE melakukan streaming seperti yang dilakukan kamera IMAX untuk blockbuster.

Gelfond menyebutnya “IMAX 3.0,” yang katanya bertujuan untuk menggunakan teknologi yang berbeda untuk memungkinkan pengalaman kualitas yang lebih unik baik di dalam maupun di luar rumah.

Ini jauh dari hari-hari awal IMAX, ketika layarnya secara eksklusif di museum dan itu menunjukkan film dokumenter tentang luar angkasa dan hewan. Iterasi "2.0" melihat layar raksasa memasuki multipleks untuk memamerkan film-film terbesar Hollywood, sering kali diambil dengan kamera IMAX dan dalam rasio aspeknya yang unik.

Baca Juga: 'Miracle in Cell No. 7' Tayang di IMAX, Netizen: Beneran Format IMAX atau 'Pinjam' Studio?

"Hari ini, "3.0" termasuk IMAX Live yang relatif baru yang mencakup konser ("Untuk Kanye, orang-orang di kursi mereka melompat dan berteriak," kata Gelfond.

"Olahraga (mereka telah menguji sepak bola dan hoki), dan tanya jawab langsung (seperti satu baru-baru ini melakukannya dengan Harry Styles untuk "Don't Worry Darling"). Selanjutnya adalah eSports: “Kami benar-benar tertarik dan merencanakan beberapa tes seputar itu,” kata Gelfond.

Ada juga pengalaman berbasis rumah, IMAX Enhanced, yang memungkinkan pengguna Disney+ untuk menonton film Marvel terbaru dalam rasio IMAX, misalnya. Ini juga menawarkan kemungkinan dalam VR, AR, dan metaverse (dan di situlah SSIMWAVE sangat berguna).

"Apa yang tidak akan dilakukan adalah mengurangi pengalaman teater IMAX," kata Gelfond.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US