The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

'Ngeri-Ngeri Sedap' Wakili Indonesia di Oscar, Seberapa Keren Sih Filmnya? Cek Faktanya
Poster Ngeri-Ngeri Sedap (IMDb)
Movie

'Ngeri-Ngeri Sedap' Wakili Indonesia di Oscar, Seberapa Keren Sih Filmnya? Cek Faktanya

Selasa, 13 September 2022 16:50 WIB 13 September 2022, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Setelah berhasil bikin banyak orang menangis dan ketawa terbahak-bahak, Ngeri-Ngeri Sedap garapan Benedion Rajagukguk ini dipilih mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi nominasi kategori Film Panjang International Terbaik (Best International Feature Film) di ajang Academy Awards (Oscar) 2023.

Film yang selama penayangannya menjadi berbincangan banyak orang di media sosial ini, dipilih mengikuti seleksi Oscar 2023 berdasarkan keputusan The Indonesian Oscar Selection Committe (Komite Seleksi Oscar Indonesia) pada Senin (12/9/2022).

Seberapa keren sih film Ngeri-Ngeri Sedap? Berikut fakta-fakta menariknya yang #haruskamutahu.

Kental dengan suasana Batak

Mengambil latar di kawasan Danau Toba, Ngeri-Ngeri Sedap tentunya sangat kental dengan suasana Batak.

Film ini sendiri menceritakan kisah keluarga Batak, Pak Domu dan Mak Domu yang tinggal bersama anak perempuannya, Sarma yang ingin ketiga anak laki-laki yang berada di perantauan, Domu, Gabe dan Sahat pulang ke kampung.

Mulai dari bahasa, logat, serta local content lainnya yang ditampilkan dalam Ngeri-Ngeri Sedap sangat dekat dengan kebudayaan Batak.

Cetak rekor film skenario asli terlaris 

Ngeri-Ngeri Sedap berhasil memecahkan rekor sebagai film dengan cerita asli terlaris sepanjang masa setelah meraup 2,8 juta penonton di akhir penayangannya.

Pencapaian ini sebelumnya diraih oleh film Cek Toko Sebelah garapan Ernest Prakasa yang meraih 2,6 juta penonton pada 2016 lalu.

Masuk Top 10 film dengan rating tertinggi

Ngeri-Ngeri Sedap menjadi film Indonesia pertama yang berhasil meraih rating 4 dari 5 di situs ulasan film Letterboxd.

Bahkan, Ngeri-Ngeri Sedap masuk dalam jajaran Top 10 film dengan rating tertinggi di Letterboxd tahun 2022 bersama The Batman, Everything Everywhere All at Once, Top Gun: Maverick, Lullaby dan lainnya.

Borong 5 nominasi di Festival Film Bandung

Sembari menunggu Piala Citra, Ngeri-Ngeri Sedap sudah memborong sebanyak 5 nominasi di ajang Festival Film Bandung 2022.

Salah satunya nominasi utama yaitu Film Bioskop Terpuji yang akan bersaing dengan film Before, Now & Then (Nana), Mencuri Raden Saleh, YUNI, Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas dan Kadet 1947.

Selain itu, ada Penulis Skenario Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, Penata Editing Terpuji, dan Penata Musik Terpuji.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli
Editor
Nanda
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US