The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Diputar di TV Setiap Natal, Benarkah 2 Film Ini Cocok Disebut Film Natal?
Film 'Die Hard' dan 'Home Alone.' (imdb)
Movie

Sering Diputar di TV Setiap Natal, Benarkah 2 Film Ini Cocok Disebut Film Natal?

Die Hard dan Home Alone.

Jumat, 25 Desember 2020 17:12 WIB 25 Desember 2020, 17:12 WIB

INDOZONE.ID - Seperti layaknya film Warkop DKI yang selalu muncul di televisi setiap Lebaran, ada beberapa film yang juga selalu ditayangkan di setiap perayaan Natal. Sebut saja film 'Home Alone' dan 'Die Hard' (seri pertama).

Meski selalu diulang-ulang, beberapa penikmatnya tetap tidak bosan. Bahkan saking seringnya, kedua film ini sampai disebut film Natal.

Salah satu alasan yang meyakini 'Die Hard' dan 'Home Alone' adalah film Natal adalah tema yang diangkat. Apalagi kalau bukan tema keluarga. 

Kedua film tersebut menceritakan dua anggota keluarga yang terpisah dan terhalang oleh berbagai situasi. Kedua tokoh utamanya, John McClane (Die Hard) dan Kevin McCalister (Home Alone) sama-sama mengatasi masalahnya sekaligus melindungi apa yang mereka sayangi. Bukankah itu semangat Natal?

"Natal adalah sebuah periode ritual untuk mengangkat harkat kaum bawah yang tak berdaya ke struktur hirarki yang lebih tinggi. Dan John McClane adalah contoh kamu bawah yang berhasil naik dan mengalahkan kejahatan yang egois," tutur akademisi dan sejarahwan Greg Jenner di Twitter beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Tayang Ditengah Pandemi, Wonder Woman 1984 Cuma Raup 18,8 Juta Dolar di Tiongkok

Adegan di film Home Alone
Adegan di film Home Alone (imdb)

Kedua film ini sebenarnya masih diperdebatkan. Bahakan dua tahun lalu, beberapa media di luar banyak mengulas apakah kedua film itu layak disebut sebagai film Natal atau tidak. Khususnya 'Die Hard' sempat dipolling oleh Morning Consult yang memepertanyakan apakah film tersebut cocok jadi film Natal.

Meski dalam ceritanya, film tersebut mengambil setting waktu Natal, namun ada beberapa hal yang diperdebatkan. Salah satunya adalah tanggal dirilisnya film tersebut yang jatuh pada bulan Juli, bukan Desember. Ditambah film ini menunjukkan adegan kekerasan dan lebih mengedepankan aksi ketimbang Natal. 

Begitu pula dengan 'Home Alone' yang dirilis di bulan November dan menunjukkan adegan menyakitkan yang dialami dua penjahat akibat terkena jebakan milik Kevin. 

Pemeran 'Home Alone' yang kini sudah beranjak dewasa, Macaulay Culkin sempat menggambarkan 'Home Alone' sebagai film yang tidak tepat di waktu Natal.

"Aku tidak menonton film itu selalu. Film itu memiliki pengaruh yang buruk saat Natal," ungkap Maculay Culkin dalam The Ellen DeGeneres Show beberapa waktu lalu.

Nah, bagaimana menurut Sahabat Indozone? Apa dua film tersebut bisa disebut film Natal?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US