The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Film Tentang Perjuangan Guru yang Cocok Kamu Tonton di Momen Hari Guru Nasional
Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Instagram/tjokro_movie)
Movie

5 Film Tentang Perjuangan Guru yang Cocok Kamu Tonton di Momen Hari Guru Nasional

Rabu, 24 November 2021 19:58 WIB 24 November 2021, 19:58 WIB

INDOZONE.ID - Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2021 tentu menjadi momen yang patut dirayakan. Hal itu merupakan salah satu bentuk penghargaan kita terhadap jasa-jasa guru yang telah mendidik dan mengajarkan kita banyak hal.

Guru juga membimbing dan memastikan bahwa kita tahu perbedaan antara yang baik dan yang buruk. Karena hal-hal itulah guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai luhur untuk menghargai peran penting seorang guru yaitu melalui film. Berikut lime film Indonesia yang cocok kamu tonton bersama guru di Hari Guru Nasional.

1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film Guru Bansa: Tjokroaminoto
Instagram/tjokro_movie

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto adalah film dengan genre drama biografi yang ditayangkan pada tahun 2015. Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho, menceritakan perjalanan hidup dari pahlawan Indonesia, Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan H.O.S Tjokroaminoto. 

Dalam film tersebut, Tjokroaminoto diperankan oleh Reza Rahardian dan didampingi artis senior seperti Didi Petet, Christina Hakim, Egi Fedly, Alex Komang, dan pemain lainnya.

Tjokroaminoto sendiri dikenal sebagai guru besar karena telah menjadi guru bagi pemimpin-pemimpin yang akan berpengaruh pada kemerdekaan Indonesia.

2. Sokola Rimba (The Jungle School)

Sokola Rimba
Instagram/gezwadmr

Sokola Rimba atau sekolah rimba adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 21 November 2013 yang disutradarai Riri Riza. Film ini menceritakan tentang Butet Manurung, yang diperankan oleh Prisia Nasution, memutuskan untuk mengajar anak-anak suku anak dalam di Hutan Bukit Duabelas, Jambi.

Film ini juga diangkat dari kisah nyata Butet Manurung yang memberikan nilai pendidikan dan kemanuasiaan.

Tak hanya Prisia, beberapa artis lain turut berperan dalam film ini, yaitu, Nyungsang Bungo, Rukman Rosadi, dan Nadhira Suryadi.

3. Sang Pencerah

Sang Pencerah
Instagram/moniquetheresia

Sama seperti Sokola Rimba, film Sang Pencerah ini juga diangkat dari kisah nyata perjuangan Ahmad Dahlan untuk mendirikan Organisasi Islam Muhammadiyah dengan tujuan mendidik umat islam ke jalan yang benar.

Tidak hanya itu, Ahmad Dahlan juga dikenal dalam perannya mengajarkan ajaran Islam, mendirikan sekolah agama berbasis modern, dan mendirikan masjid.

Film ini pertama kali tayang pada 2010, disutradarai Hanung Bramantyo dengan para pemerannya Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, dan Slamet Rahardjo.

Baca juga: Besok Hari Guru, Berikut 10 Ide Kado Berkesan untuk Persembahan pada Guru

4. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Instagram/my.moviereview

Siapa yang tak tahu dengan film satu ini. Film garapan Riri Riza ini diadaptasi dari novel best seller karya Andea Hinata pada 2018 silam. Film ini berhasil memperoleh 4,6 juta penonton sejak pertama kali rilis.

Menceritakan tentang perjuangan dua orang guru dan siswa siswi sekolah dasar di Desa Gatong, Pulau Belitung yang terancam ditutup oleh Dinas Pendidikan karena kekurangan murid. 

Dengan segala keterbatasan dan kondisi sekolah yang memprihatinkan, Bu Muslimah, yang diperankan oleh Cut Mini, selaku guru tetap mengajar dengan ikhlas, tanpa paksaan.

5. Denias, Senandung di Atas Awan

Denias, Senandung di Atas Awan
Instagram/lookatdisc

Film ini disutradarai oleh  John de Rantau dan diproduksi pada tahun 2006. Film yang diangkat dari kisah nyata ini diperankan oleh  Albert Thom Joshua Fakdawer, Ryan Stevano William Manoby, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen dan Marcella Zalianty.

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias yang giat pergi ke sekolah.  Ada pula sosok Pak Guru yang dimainkan Mathias Muchus menancapkan harapan kepada anak-anak untuk terus semangat belajar hingga bertekad sekolah sampai ke Kota dan bercita-cita tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US