The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Creation (2009), Sebuah Film Yang Menceritakan Kisah Charles Darwin
Creation (Icon Film Distribution)
Movie

Creation (2009), Sebuah Film Yang Menceritakan Kisah Charles Darwin

Senin, 11 Oktober 2021 10:08 WIB 11 Oktober 2021, 10:08 WIB

INDOZONE.ID - Sosok Charles Darwin adalah ilmuwan yang mengatakan setiap spesies di Bumi berasal dari satu nenek moyang. Dan yang paling menggemparkan adalah ia mengatakan manusia berasal dari simpanse.

Hal itulah yang ditulisnya dalam buku berjudul On the Origin of Species pada tahun 1859. Akhirnya kisah ia menulis buku ini pun diangkat ke sebuah film dengan judul Creation yang tayang tahun 2009 lalu.

Film garapan Jon Amiel ini mengadaptasi kisah dari buku biografi Charles Darwing yang berjudul Annie's Box: Charles Darwin, His Daughter and Human Evolution karya Randal Keynes.

Sosok Charles Darwin di film ini diperankan oleh Paul Bettany yang mana mencatat tumbuh kembang anak pertamanya, Anne yang diperankan oleh Martha West.

Hal ini membuat sang istri yakni Emma yang diperankan oleh Jennifer Connely kesal. Ia mengatakan jangan memperlakukan anak sebagai objek penelitiannya.

Ia pun akhirnya meninggalkan hal tersebut dan memiliki tiga anak dari Emma. Darwin sendiri diketahui memang dekat dengan Anne, bahkan ia sering menceritakan tentang petualangannya ke Timur dan bertemu dengan suku primitif.

Namun sayang, kebahagiaannya pupus setelah Anne meninggal dunia karena sebuah penyakit. Hal ini membuat Darwin terpukul dan selalu menghabiskan malam dengan meratapi kepergian anaknya.

Beberapa tahun kemudian datanglah Joseph Hooker yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Ia adalah ilmuwan sekaligus saudara dari Emma dan Thomas Huxley (Toby Jones). Mereka mengajak Darwin untuk bergabung ke komunitas ilmuwan.

Huxley meminta Darwin untuk menuliskan sebuah buku tentang teori penciptaan yang nantinya buku tersebut akan mereka gunakan untuk menentang gereja. Huxley ingin membuktikan bahwa ajaran gereja tentang penciptaan manusia adalah salah.

Namun hal ini masih jadi pertimbangan Darwin. Pasalnya Emma adalah orang yang taat dengan agama serta tak ingin membuat sang istri kecewa karena bisa dianggap menentang ajaran gereja.

Lalu ia juga tak ingin bahwa dengan kehadiran bukunya ini bisa membuat orang-orang tidak akan percaya lagi dengan keberadaan tuhan. Lalu, bagaimana dengan kisah selanjutnya? Saksikan filmnya di platform streaming yang menyediakannya filmnya.

Perlu diketahui bahwa teori Charles Darwin yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia adalah simpanse masih jadi perdebatan. Namun perlu diketahui bahwa Creation tidak berfokus pada lahirnya teori tersebut melainkan mengisahkan pergolakan batinnya usai kematian sang anak dan hubungannya bersama anak dan istri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US