Armchair Detective, Kisah Detektif yang Menyelidiki Kasus dengan WFH
Lincoln Rhyme (Denzel Wahington) dan Amelia Sachs (Angelina Jolie) dalam kisah armchair detective 'Bone Collector.' (IMDB).
Movie

Armchair Detective, Kisah Detektif yang Menyelidiki Kasus dengan WFH

Work from home detective.

Sabtu, 28 Maret 2020 11:53 WIB 28 Maret 2020, 11:53 WIB

INDOZONE.ID - Sejatinya, seorang detektif memang seharusnya aktif turun ke jalan untuk menyelidiki atau mencari informasi. Namun ada beberapa detektif, khususnya di kisah fiksi, yang melakukan pekerjaannya dengan cara work from home (WFH). Mereka biasa disebut dengan istilah armchair detective.  

Apakah hal itu mungkin? Bagaimana ia bisa mengetahui data kasus kalau tidak turun langsung ke TKP? Dalam beberapa kisah fiksi, hal itu bisa dilakukan seperti yang terlihat dari tokoh serial televisi. 

Sebut saja Nero Wolfe dari serial 'A Nero Wolfe Mystery' (2001) atau Arkady Balagan dari seria 'Endgame' (2011). Termasuk tokoh Lincoln Rhyme dalam film layar lebar 'Bone Collector' (1999) dan L dari film adaptasi manga 'Death Note.'

Sebenarnya, istilah armchair detective juga bisa disematkan kepada tokoh detektif fiksi pertama di dunia, C. Auguste Dupin yang ditulis Edgar Allan Poe.  Salah satunya dalam cerita di 'The Mystery of Marie Roget.'

Seperti yang dilansir Wikipedia, dalam cerita tersebut Dupin memecahkan kasus hanya dari rumahnya sambil membaca fakta-fakta yang ditulis oleh beberapa surat kabar. Tanpa keluar rumah, Dupin berhasil mengungkap pembunuhan seorang wanita muda bernama Marie Roget berdasarkan kronologi yang tertulis di koran yang ia baca.

Sementara tiga tokoh lainnya dikenal sebagai detektif yang bekerja di rumah. Namun mereka tidak keluar bukan karena takut wabah, seperti pandemi virus corona seperti yang terjadi saat ini. Beberapa tokoh tersebut memiliki alasannya tersendiri untuk bekerja di rumah.

Detektif rebahan Lincoln Rhyme dalam 'Bone Collector'

Lincoln Rhyme
Lincoln Rhyme (Denzel Washington) dalam Bone Collector. (IMDB).

Seperti tokoh ahli forensik Lincoln Rhyme yang diperankan Denzel Washington di film 'Bone Collector.' Dalam ceritanya, Rhyme mengalami kelumpuhan di bagian pinggang dan kakinya.

Namun otak dan pikirannya masih berfungsi sebagai aset polisi dan bekerja menyelidiki kasus dari rumahnya saja sambil rebahan. 

Akardy Balagan yang Agoraphobia dalam 'Endgame'

Detektif Akardy Balagan (Shawn Doyle) dalam Endgame
Detektif Akardy Balagan (Shawn Doyle) dalam Endgame (IMDB)

Sementara itu, detektif yang juga ahli catur dunia Arkady Balagan (Shawn Doyle), mengidap agoraphobia atau takut ruang terbuka. Hal itu membuat dirinya memutuskan untuk menyelidiki setiap kasus di dalam ruangan, dalam hal ini hotel yang sudah ia anggap sebagai rumah. 

L si anti sosial.

L dari film ada[tasi Death Note
L dari film ada[tasi Death Note (IMDB)

Lain halnya dengan L dari kisah 'Death Note.' Tokoh esentrik ini tidak keluar rumah lantaran sikapnya yang anti sosial dan mengerjakan kasus dari rumah dan menyelidiki melalui berita di televisi atau laporan para polisi.

Nero Wolfe, si pemalas nan jenius.

Detektif Nero Wolfe yang jarang keluar rumah
Detektif Nero Wolfe yang jarang keluar rumah (IMDB)

Termasuk tingkah unik Nero Wolfe, detektif tambun dalam serial adaptasi novel karya Rex Stout. Berbeda dengan semua detektif armchair lainnya yang memiliki alasan kuat untuk menetap di rumah. Nero Wolfe hanya menyelidiki kasus di dalam rumah lantaran dirinya pemalas luar biasa. 

Lalu bagaimana cara mereka mendapat data?

Tentunya mereka memiliki tangan kanan atau asisten untuk mencarikan data untuknya. Seperti Amelia Scahch untuk Lincoln Rhyme dan Archie Goodwin dan Nero Wolfe. 

Akardy Balagan dan salah satu pesuruhnya
Akardy Balagan dan salah satu pesuruhnya (IMDB)

Sementara Arkady Balagan bisa mengutus siapa pun untuk membantunya mencari data. Begitupula halnya dengan L. 

Dengan begini, para armchair detective ini tetap memanfaatkan otaknya meski tidak keluar rumah atau work from home.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US