The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gemma Chan akan Perankan Biopik 'Anna May Wong', Sosok Aktris Asia Pertama di Hollywood
Kiri: Gemma Chan tampil dengan gaya Anna May Wong pada ajang Met Gala 2021 (celebmafia) | Kana: Anna May Wong (Istimewa)
Movie

Gemma Chan akan Perankan Biopik 'Anna May Wong', Sosok Aktris Asia Pertama di Hollywood

Jumat, 25 Maret 2022 16:04 WIB 25 Maret 2022, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - Aktris cantik Gemma Chan akan memerankan film biopik Anna May Wong, sosok aktris Asia-Amerika pertama di industri hiburan Hollywood.

Dilansir The Hollywood Reporter, pemeran box office The Eternals dan Crazy Rich Asian itu akan bekerja sama dengan produser Nina Yang Bongiovi dan Working Title Films untuk mengembangkan film tersebut.

Diketahui, Anna May Wong merupakan ikon zaman keemasan yang karirnya membawa pengakuan internasional bahkan saat dia terus menghadapi keterbatasan peluang di industri hiburan dan bentuk prasangka dan diskriminasi lainnya terhadap keturunan Asia di Amerika.

"Anna May Wong adalah seorang perintis, ikon dan seorang wanita di depan zamannya,” kata Gemma Chan.

"Bakatnya dan eksplorasi seninya baik di dalam maupun di luar AS sangat inovatif — dan tantangan serta prasangka yang dia hadapi di awal abad ke-20 sebagai seorang aktris berbicara langsung dengan percakapan dan dunia yang sedang kita jelajahi hari ini," lanjut dia.

Film biopik Anna May Wong akan ditulis oleh David Henry Hwang, penulis naskah Asia-Amerika pertama yang memenangkan Tony pada 1988 untuk M. Butterfly.

Dia akan mengadaptasi biografi karya Graham Russell Gao Hodges yang berjudul Anna May Wong: From Laundryman's Daughter to Hollywood Legend yang terbit pada 2012 lalu.

Sementara itu, keponakan Anna May Wong, Anna Wong dipilih sebagai konsultan untuk film tersebut.

"Saya senang bahwa saya akan membangun warisan bibi saya dengan Gemma dan Nina, yang merupakan pemimpin Asia di garis depan dalam mendongeng," kata Anna Wong.

"Kehadiran Anna May Wong di perfilman Amerika dan dunia adalah yang pertama dari jenisnya, dan representasinya terus bergema hingga hari ini. Dia adalah perwujudan inspirasi bagi seniman warna," lanjut dia.


Anna May Wong lahir di Los Angeles pada 1905 dan memulai kariernya di industri hiburan dimulai 1919 hingga 1960.

Kariernya dimulai dari era film bisu, termasuk The Thief of Bagdad tahun 1924 yang dibintangi Douglas Fairbanks dan Piccadilly tahun 1929 dan berlanjut saat film mulai mengadopsi suara, seperti Shanghai Express tahun 1932, di mana ia membintangi film itu bersama Marlene Dietrich.

Terlepas dari filmografi dan statusnya sebagai ikon mode, MGM menolak untuk mempertimbangkannya sebagai pemeran utama wanita dari adaptasi 1937 dari The Good Earth karya Pearl S. Buck, tentang keluarga Cina. 

O-Lan malah diperankan oleh aktris kulit putih Jerman Luise Rainer, yang memenangkan Academy Award untuk aktris terbaik untuk peran tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli
Editor
Nanda
Writer
JOIN US
JOIN US