The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perjalanan Karier Jet Li
Jet Li (Instagram/jetli)
Movie

Perjalanan Karier Jet Li

Jumat, 10 September 2021 12:07 WIB 10 September 2021, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan aktor laga bernama Jet Li. Di tahun 90-an, namanya begitu gaung dengan setiap film-filmnya yang rilis dan biasanya laris. Namun ketenaran itu tak mudah didapat oleh Jet Li. Ada kisah dibaliknya. Berikut ini perjalanan kariernya.

Aktor asal China ini ternyata seorang atlet wushu yang sudah mempelajari ilmu bela diri sejak berusia delapan tahun. Memiliki nama Li Lian Jie, ia lahir di Beijing pada 26 April 1963 lalu.

Melalui Wushu, ia memulai kariernya. Dari Wushu sendiri ia sudah menorehkan berbagai prestasi yang membuatnya sudah lebih dulu dikenal sebelum terjun ke dunia entertainment.

Pada tahun 80-an, China saat itu sedang booming-boomingnya film Kung Fu. Hal ini pun jadi kesempatan bagi Jet li untuk terjun ke dunia perfilman. Ternyata benar saja, film pertamanya berjudul Shaolin Temple yang diperankannya saat berusia 20 tahun berhasil membesarkan namanya.

Dari film tersebut, ia pun pindah haluan ke Hong Kong yang mana di sana ia membuat film Once Upon a Time in China yang tayang pada tahun 1991. Di film tersebut ia berperan sebagai Wong Fei-hung, seorang pahlawan legendaris yang berperang melawan orang asing dalam kisah abad ke-19.

Ketenarannya semakin bertambah ketika film tersebut dibuat sekuelnya. Dari sinilah ia pindah lagi ke Los Angeles untuk berperan dalam film Lethal Weapon. Lethal Weapon menjadi film pertama Jet Li yang berbahasa Inggris. Dalam film tersebut ia berperan sebagai tokoh jahat bersama dengan Mel Gibson dan Danny Glover.

Di tahun-tahun berikutnya, namanya sudah semakin terkenal dan sering tampil dalam film dengan bahasa Inggris seperti Romeo Must Die (2000), The One (2001), Kiss Of The Dragon (2001), Hero (2002), Cradle 2 The Grave (2003), Jet Li: Rise To Honor (2004), Unleashed (2005), Fearless (2006), Dan War (2007).

Pada tahun 2007, ia pun memutuskan kembali untuk ke China dan ternyata membuatnya lebih dikenal lagi setelah bermain di film The Warlords (2007), The Forbidden Kingdom (2008), The Mummy: Tomb Of The Dragon Emperor, dan The Expendables (2009).

Yang jelas, saat Jet Li bermain film, yang ditunggu adalah aksi bela dirinya yang benar-benar memukau.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US