The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selamat! Film 'YUNI' Sabet Penghargaan di Palm Springs Film Festival 2022
Poster film Yuni (Dok. Four Colours Film)
Movie

Selamat! Film 'YUNI' Sabet Penghargaan di Palm Springs Film Festival 2022

Kamis, 20 Januari 2022 16:46 WIB 20 Januari 2022, 16:46 WIB

INDOZONE.ID - Film YUNI besutan sutradara Kamila Andini berhasil menyabet penghargaan Young Cineastes di ajang Palm Springs International Film Festival (IFF) ke-33 pada Kamis (20/1/2022). 

Kabar menggembirakan itu disampaikan langsung oleh sang sutradara, Kamila Andini melalui unggahan di akun resmi Instagram-nya.

"Kabar baik datang dari California! YUNI mendapatkan penghargaan Young Cineastes Award dari 33rd Palm Springs International Film Festival. Selamat untuk seluruh crew dan cast, berag!" tulis Kamila Andini dikutip Kamis (20/1/2022).

Diketahui, penyelanggaraan Palm Springs IFF 2022 itu sendiri dibatalkan karena pandemi COVID-19. Namun penganugerahan tetap dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap pembuat film.

Young Cineastes merupakan penghargaan yang diberikan oleh juri khusus yaitu para siswa setempat dari daerah Palm Springs. Para siswa itu tidak hanya memiliki bakat dan aspirasinya untuk membuat film, tetapi juga memiliki hasrat untuk menonton dan belajar tentang sinema.

Tentang film YUNI

film yuni
Pemeran Yuni (Instagram/fourcoloursfilm)

Film YUNI mengisahkan tentang seorang remaja bernama Yuni yang diperankan oleh aktris Arawinda Kirana yang mempunyai ambisi besar agar bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi, namun sayang malah terbentur mitos serta aturan di lingkungannya.

Film tersebut sempat menjadi sorotan karena mengangkat isu perempuan daerah yang sering terbentur oleh aturan lingkungan dalam menggapai cita-cita.

Benang merah dari film ini berdasarkan kepercayaan orang zaman dulu tentang perempuan yang tidak perlu sekolah tinggi-tinggi dan lebih baik menikah.

Sebelumnya sabet penghargaan di Toronto

film yuni
Piala Platform Prize dari TIFF 2021 (Instagram/fourcoloursfilm)

Sebelumnya, film YUNI telah menyabet penghargaan Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival (TIFF) pada September 2021 lalu.

Para juri memenangkan film YUNI karena terkesima dan tersentuh dengan jalan cerita film yang mengangkat kisah masa remaja itu.

Film tersebut dinilai membangun perspektif yang lebih segar, struktur yang lebih halus, framing yang halus, dan sinematografi yang luar biasa.

Gagal tembus Oscars 2022

film yuni
Film Yuni jadi perwakilan Indonesia untuk mengikuti seleksi Academy Awards 2022 (Instagram/fourcolourfilm)

Film YUNI terpilih menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti seleksi kategori Best International Feature di ajang Academy Awards ke-94 atau Oscars 2022.

Film YUNI dipilih berdasarkan hasil keputusan The Indonesian Oscar Selection Committe (Komite Seleksi Oscar Indonesia) pada Jumat, 15 Oktober 2021 lalu.

Namun sayang, dalam 10 daftar pendek film calon nomine kategori Best International Feature yang diumumkan oleh panitia Oscars 2022, tidak ada film YUNI dalam daftar tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US