Deretan Film Tema Jurnalistik yang #KamuHarusTau
Deretan film bertema jurnalistik versi Indozone (IMDB)
Movie

Deretan Film Tema Jurnalistik yang #KamuHarusTau

Baik yang diangkat dari kisah nyata atau murni fiksi

Minggu, 09 Februari 2020 11:05 WIB 09 Februari 2020, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini bertepatan dengan Hari Pers Nasional (9/2/2020). Hari yang diperuntukkan bagi semua kalangan insan jurnalis di Tanah Air.

Beberapa jurnalis merasa terpanggil setelah melihat kondisi di sekitarnya yang perlu diinformasikan kepada banyak orang. Kisah mereka di lapangan ataupun di balik meja redaksi memang menarik untuk diikuti.

Hal itulah yang juga dilakukan Hollywood untuk memotret apa yang para jurnalis lakukan di lapangan. Beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata, namun ada juga yang murni dari benak para sineas. 

Berikut adalah lima film bertema jurnalistik yang Indozone berhasil rangkum. 

1. All The President's Men (1976)

All The President
All The President's Men (IMDB)

Film yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi tentang unsur jurnalismenya. Kisahnya sendiri terinspirasi dari kisah nyata skandal Watergate di tahun 1972 sampai 1974.

Bercerita tentang duia wartawan The Washington Post, Bob Woodward Robert Redford) dan Carl Bernstein (Dustin Hoffman), yang bersama-sama menulis seri artikel tentang skandal yang melibatkan Presiden Amerika Serikat saat itu, Richard Nixon.

Kedua wartawan itu dibantu oleh sosok misterius dengan julukan Deep Throat yang memberikan informasi rahasia skandal tersebut. Berkat artikel yang ditulis, Presiden Nixon pun berhasil digulingkan dari posisi kepresidenannya.

2. Spotlight (2015)

Spotlight
Spotlight (IMDB)

Film ini berhasil meraih 'Film Terbaik' di ajang  Academy Awards 2016 silam. Bercerita tentang sekelompok jurnalis yang membongkar skandal seks salah satu gereja Katolik di Boston. 

Diangkat dari kasus nyata dari kantor berita The Boston Globe hingga mendapatkan Pulitzer Prize for Public Service pada tahun 2003 silam. Kasus yang mereka tangani sangat panjang dan tidak terjadi pada satu era saja.

Dimulai dari laporan tahun 1976 dengan laporan pelecehan seksual seorang pastor terhadap anak-anak, namun akhirnya dibebaskan. Sampai akhirnya tahun 2001, seorang jurnalis bergabung di The Boston Globe yang membicarakan kasus-kasus yang perlu diangkat. Termasuk kasus pelecehan tersebut. 

3. Nightcrawler (2014)

Nightcrawler
Nightcrawler (IMDB)

Film drama kriminal thriller Amerika Serikat ini dirilis 2014 silam dan disutradarai oleh Dan Gilroy. Filmnya sendiri diperankan oleh Jake Gyllenhaal.

Berkisah tentang Lou, seorang pencuri yang tiba-tiba terinspirasi menjadi jurnalis setelah melihat seorang wartawan freelance yang meliput kecelakaan mobil dan menjual hasil rekamannya ke berita lokal. Ia pun tertarik menjalani pekerjaan itu.

Film ini menceritakan pekerjaan jurnalis dadakan yang ambisius. Terkadang menggunakan cara kotor untuk mendapatkan berita untuk mendapatkan uang semata. Bahkan ia berani menggunakan cara kotor untuk menyingkirkan saingannya.

4. The Post (2017)

The Post
The Post (IMDB)

Film biografi drama sejarah ini dirilis tahun 2017 dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Dibintangi oleh Tom Hanks dan Merryl Streep.

Film ini bercerita tentang lika-liku di media The Washington Post. Para petinggi di dalamnya mencoba untuk menyaingi The New York Times. Menyoroti tentang kesamaan berita, plagiarism dalam jurnalistik, yang akhirnya berujung di pengadilan.

Bahkan pada akhirnya The Washington Post dan The New York Times mendapat dukungan dari seluruh surat kabar setelah diajukan ke Mahkamah Agung. 

5. Almost Famous (2000)

Almost Famous
Almost Famous (IMDB)

Film bergenre drama komedi ini dirilis pada 2000 silam. Filmnya disutradarai oleh Cameron Crowe dan dibintangi oleh Billy Crudup, Frances McDormand, Kate Hudson, dan Patrick Fugit.

Film ini mengangkat semi biografi sang sutrdara sendiri saat masih menjadi penulis remaja di majalah Rolling Stones. Hanya saja karakternya diganti dengan nama William Miller.

Sebagai jurnalis musik, sang tokoh yang masih remaja menceritakan pengalamannya ikut tur bersama band dunia. Mulai dari Poco, the Allman Brothers Band, Led Zeppelin, Eagles, dan Lynyrd Skynyrd. 

Di film ini juga diperlihatkan bagaimana Miller mulai kehilangan perjakanya, jatuh cinta, dan bertemu beberapa musisi favoritnya. 

Film ini masuk di nominasi Academy Awards pada 2001 silam. Walau belum berakhir menang, tapi film ini menerima pujian positif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU